oleh

Bupati Konsel Resmikan Gedung Operasi Rumah Sakit

KENDARIAKTUAL.COM, ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunuddin Dangga meresmikan gedung operasi Badan Layana Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Senin (22/2/2021).

Peresmian gedung tersebut dirangkaiakan dengan penandatanganan kesepakatan bersama, penanganan masalah hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) antara pihak rumah sakit dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel.

Dalam sambutanya, Surunuddin mengatakan, peresmian itu merupakan suatu bentuk pengoptimalan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah itu.

“Pembangunan gedung ini merupakan bukti komitmen kita, dalam peningkatan standar fasilitas dan penyelenggaraan kesehatan di daerah. Termasuk untuk memenuhi standar akreditasi kesehatan nasional,” kata Surunuddin.

Terkait penandatanganan MoU dengan Kejari Konsel sebagai pengacara negara, Bupati Surunuddin berharap kerjasama tersebut dapat memberi kepastian dan perlindungan hukum kepada para tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas.

“Ini sebagai wujud keseriusan Pemda Konsel dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Konsel Resmikan Gedung Operasi Rumah Sakit

Sedangkan dalam laporannya, Direktur RSUD Konsel dr Boni Lambang Pramana menjelaskan, bahwa pembangunan Gedung Ruang Operasi serta sarana dan prasarananya bersumber dari dana DAK APBD Tahun 2020 senilai Rp11.4 Miliar dengan masa pengerjaan selama 180 hari.

Gedung ini terdiri dari 4 Kamar Operasi. Dengan rincian 2 ruangan bedah minor, 1 ruangan bedah mayor dan 1 ruangan bedah umum. Dengan tindakan seluruh bedah umum seperti operasi usus buntu, hysterectomy (angkat rahim), tonsilitis (amandel), usus turun (Hernia), tindakan operasi laparatomi (sayatan dinding perut) dan beberapa tindakan medis lainya.

“Tahun ini juga kita anggarkan pembangunan Gedung Radiologi lengkap dengan X-Ray konvensional, dan Computed Tomography Scan/CT Scan. Memungkinkan berbagai penyakit dapat dideteksi dengan menggunakan fasilitas radiologi diagnostik,” ucapnya.

Dalam acara itu, Surunuddin didampingi Sekda konsel Sjarif Sajang, Direktur RSUD, dr Boni Lambang Pramana, serta dihadiri oleh Kajari Konsel, Aprilianna Purba, Ketua Pangadilan, Ketua BPJS Ketenagakerjaan, Ketua BPJS Kesehatan dan beberapa Kepala OPD Lingkup Pemda Konsel.

 

Reporter: Ari
Editor: Randi Ardiansyah


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *