DPRD Kendari Harap KLA Tidak Hanya Formalitas

Advetorial1220 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Komisi III DPRD Kota Kendari mendukung penuh upaya pemerintah kota (pemkot) untuk bisa meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) kategori Utama tahun 2023.

Akan tetapi Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, La Ode Muhammad Rajab Jinik mewanti-wanti Pemkot Kendari agar predikat KLA yang diraih tidak hanya menjadi formalitas dan pencitraan kinerja dari dinas terkait.

Jangan sampai kata Rajab, Kendari sebagai KLA hanya digembar-gemborkan namun hak-hak anak di Kota Kendari belum sepenuhnya terjamin.

Ilustrasu

“Misalnya anak-anak yang hari ini masih banyak di jalan meminta-minta, kita miris dengan yang begitu, secara otomatis hak anak kita belum bisa dijamin,” kata Rajab, Selasa (1/7/2024).

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kambu-Baruga ini menjelaskan bahwa DPRD dengan fungsi anggarannya siap mengakomodir kebutuhan OPD dalam rangka menyelesaikan persoalan yang nampak jelas ada di depan mata.

Namun DPRD membutuhkan keseriusan dari OPD terkait dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

Politisi Partai Golkar ini kembali menegaskan bahwa jika Kota Kendari mau menuju KLA harus menyelesaikan persoalan anak yang nampak ada di depan publik.

Ilustrasi

“Karena kota layak anak itu ada beberapa tahapan yang harus kita penuhi jadi harus ada penampakan yang jelas,” pungkasnya.

Diketahui Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara telah meraih penghargaan KLA dengan kategori Nindya secara berturut-turut pada tahun 2021, 2022 dan 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pelembagaan Pemenuhan Hak Anak Ekawati Kolibu, saat ini pihaknya terus intens  memberikan penjelasan tentang instrumen Penilaian Pelayanan Ramah Anak pada seluruh jenjang yang akan di evaluasi.

Ilustras

Hal ini dilakukan terangnya, sebagai bentuk untuk menyukseskan program Kota Layak Anak kategori utama bisa direalisasikan tahun ini. Sebab kategori utama ini menjadi target utama bagi Pemerintah Kota Kendari.

“Kami tentunya akan bekerja secara untuk menyiapkan proram ini. Terlebih lagi dengan adanya dukungan dan support dari DPRD Kota Kendari akan lebih memaksimalkan kita untuk mempersiapkan KLA tahun ini,”tuturnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *