oleh

DPRD Kendari Terima KUA PPAS APBD 2023

-Kendari-351 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama DPRD menggelar rapat paripurna terkait Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2023 dengan agenda mendengar penjelasan wali kota.

Wali Kota Kendari, Sulkrnain Kadir mengatakan, tema pembangunan daerah Kota Kendari tahun 2023 yakni, peningkatan daya saing dan produktivitas keunggulan daerah menuju transformasi ekonomi yang berkelanjutan. Tema ini selaras dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Pemerintah Pusat.

“Adapun fokus dari KUA PPAS tahun 2023 ini, masih melanjutkan apa yang telah dikerjakan pada periode 2017 – 2022 yakni tetap menindaklanjuti isu penanggulangan dampak pandemi Covid – 19, ditambah inflasi yang cukup tinggi. Diharap tidak separah yang kita khawatirkan dan tidak ada lagi refocusing,” ungkapnya, Senin (19/9/2022) malam.

Sulkarnain juga menuturkan, prioritas pembangunan Kota Kendari tahun 2023 diarahkan pada peningkatan sumber daya manusia, penerapan sistem teknologi dan informasi daerah, penanggulangan kemiskinan, penanganan masalah pengangguran disertai dengan penyediaan lapangan kerja dan mendorong pemilihan dunia usaha, percepatan pembangunan infrastruktur dasar khususnya pendidikan dan kesehatan, serta pengendalian dampak inflasi daerah.

Adapun, kebijakan umum APBD Kota Kendari tahun 2023 yakni optimalisasi pendapatan daerah termasuk peningkatan investasi masyarakat.

”Kami berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan dan menggali sumber-sumber PAD, khususnya pajak dan retribusi daerah melalui penerapan teknologi peningkatan pelayanan dan peningkatan pengawasan sehingga tingkat kebocoran PAD dapat tertangani serta mengoptimalkan sumber-sumber PAD baru,” jelas dia.

Kemudian untuk kebijakan belanja daerah, orang nomor satu di Kendari ini menambahkan, akan diarahkan untuk dapat memberikan efek besar bagi pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia, peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur, perlindungan sosial dan membuka lapangan kerja.

Diketahui, APBD Kota Kendari tahun 2023 terdiri dari Pendapatan daerah sebesar Rp1.274.259.613.900, Belanja Daerah sebesar Rp1.416.810.118.191 dan pembiayaan daerah sebesar Rp 42.904.433.884.

Selanjutnya dokumen KUA PPAS ini diserahkan pada DPRD Kota Kendari untuk dibahas dan ditetapkan. Rapat paripurna ini dihadiri Wakil Wali Kota Kendari, Sekda Kota Kendari, Komandan Kodim 1417 Kendari dan Perwakilan Kejaksaan Negeri Kendari.

 

Reporter : Nurul
Editor      : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait