oleh

Dukung Program Pangan Nasional, Bhayangkari di Kendari Ciptakan Kebun Bibit dan P2L

KENDARIAKTUAL.COM,KENDARI – Dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah mau pun kantor Polres Kendari, Bhayangkari Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Pangan Kemala (PAKEM) membuat kebun bibit serta Pekarangan Pangan Lestasi (P2L).

Pembuatan P2L itu dilakukan, sebagai upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Ketua Bhayangkari Sultra, Peggy Yan Sultra mengaku, P2L sebagai upaya dalam membantu krisis pangan di tengah pandemi Covid-19, terutama dalam memanfaatkan lahan kosong agar lebih produktif.

Juga bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan Bhayangkari seiring dengan program pemerintahan yang kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari.

“Sebelum dibuatnya P2L ini, tadinya hanya lapangan rumput. Sekarang menjadi lahan produktif dengan rumah bibit, kolam ikan dan hidroponik dengan luas pekarangan pangan 702 meter persegi,” ucap Peggy Yan Sultra, Kamis (17/12/2020).

Dari total luas lahan sekitar 702 meter persegi itu, lanjutnya, telah disemaikan sekitar 10.360 benih yang sudah menjadi bibit serta terdapat 14 macam jenis sayuran yang juga ditumbuh kembangkan di kawasan P2l. Proses penanaman pun dilakukan oleh Bhayangkari, dengan melibatkan sekitar 30 anggota Bhayangkari.

Sementara, Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indarajaya, mengaku sangat mendukung dengan adanya P2L tersebut. Terlebih dengan hal itu sangat mendukung prongram pemerintahan dalam ketahanan pangan nasional.

“Karena di tengah situasi Covid-19 ini, aktivitas masyarakat sangat terbatas dan mengurangi produktivitas di bidang pangan. Pekarangan pangan lestari merupakan implementasi dan kontribusi nyata dalam mendukung ketahanan pangan,” ujarnya.

 

Reporter : Krismawan

Editor: Randi Ardiansyah


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *