oleh

Harga Cabai Rawit Tembus Rp100 Ribu Perkilogram

KENDARIAKTUL.COM, KENDARI – Di Januari 2021 harga cabai rawit di Pasar Sentral Kendari tembus dikisaran Rp100 ribu perkilogramnya.

Kenaikan harga cabai terjadi sejak menjelang Natal dan tahun baru (Nataru). Awal Desember 2020 harga cabai rawit sebesar Rp 30 ribu perkilogram, kemudian menjadi Rp 60 ribu, dan di bulan Januari harganya melonjak hingga kisaran Rp 100 ribu perkilogramnya.

Seorang pedagang cabai rawit di Pasar Sentral Kendari, Adi, mengeluh karena harga cabai rawit sangat mahal. Modal yang ia keluarkan untuk membeli cabai rrawit sebesar Rp 90 ribu perkilogram.

“Saya jualkan di pasaran kisaran Rp 100 ribu perkilogram itupun kalau laku, untuk perliter saya jualkan Rp 40 ribu, tapi kebanyakan saya jual eceran karena pembeli biasanya mereka beli Rp 5 ribu,” ujarnya kepada awak media, Senin (18/1/2021).

Menurutnya, kenaikan harga ini disebabkan datangnya musim hujan, biaya distribusi yang tinggi, cuaca yang ekstrim dan stok kurang. Meskipun terjadi lonjakan harga, namun jumlah pembeli masih satabil.

“Kebanyakan saya beli cabai rawit di pasar samping Korem, tapi kalau pedagang lain biasanya mereka beli di Konawe Selatan (Konsel), Konawe dan ada juga dari luar seperti di Makassar,” tutupnya.

Reporter : Astin
Editor: Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.