oleh

HUT Ke 29 TS Kendari Merawat Literasi  Melalui Panggung Pertunjukan

-Kendari-101 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Memperingati ulang tahun yang ke 29 tahun salah satu komunitas seni dan sastra di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) Teater Sendiri (TS), merawat literasi melalui panggung pertunjukan.

Ketua sekaligus pendiri TS Achmad Zain mengatakan, dalam mengembangkan seni dan literasi semua bermula dari pelaku kesenian itu sendiri, bagaimana mereka mengghargai dan mengangkat kesenian itu melalui perbuatan.

“Kita harus berani membuat ruang dan menciptakan momen jangan menunggu momen, berbuat dan berbuat saja terus,” kata Zain kepada kendariaktual.com Sabtu (26/6/2021).

Sementara itu ditemui di tempat berbeda salah satu panitia pelaksana sekaligus pelaku Sutradara Teater Al Galih mengungkapkan, dalam perjalanannya TS juga telah melahirkan Seniman dan Sastrawan dengan latar belakang yang berbeda.

“Moto Teater Sendiri “Berbuat Adalah Yang Terbaik” mampu mensugesti saya dan teman-teman untuk terus berbuat, dan saat ini anggota dari teater sendiri sudah menemukan jalannya sendiri ada yang aktiv sebagai Sutradara Teater, Fotografer, Penulis, Artistik Panggung, dan masih banyak yang lain,” ungkap Galih saat ditemui usai penampilannya di atas panggung.

Lebih lanjut panitia pelaksana sekaligus pegiat seni dan literasi di Sultra Syaifuddin Gani menambahkan, moto dari TS saat ini juga tengah menjadi ideologi sekaligus sublim.

“Berbuat adalah yang terbaik diasosiasikan sebagai berkarya adalah yang terbaik, dan hal ini sudah tertanam pada setiap relawan di teater sendiri, yang mendasari proses penciptaan di Teater Sendiri,” imbuhnya.

Mereka berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini menjadi momen untuk menyatukan ide dan pandangan para anggota untuk bekerja membangun seni dan sastra di Sultra. Serta mampu memacu para pelaku sekaligus pegiat seni dan sastra di Sultra untuk terus melahirkan karya.

Untuk diketahui kegiatan ini diselenggarakan mulai 25-26 Juni 2021 yang berpusat di halaman Dinas Perpustakan Sultra dan Galeri Masjidi di hadiri kurang lebih 100 orang dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) seperti wajib mengenakan masker dan handsanitier.

Reporter : Erviana Hasan
Editor      : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *