IAIN Kendari Siapkan Kuota Maba 2.181 di 2023

Pendidikan1300 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – IAIN Kendari menyiapkan kuota mahasiswa baru sebanyak 2.181 orang pada tahun 2023. Kuota ini terbagi pada tiga jalur seleksi yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Neger (UM-PTKIN) dan Ujian Mandiri Lokal (UML).

Ketua Panitia Lokal PMB IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan, penerimaan mahasiswa baru untuk program Sarjana untuk jalur SPAN-PTKIN sudah dibuka sejak pertengahan Januari 2023. Jalur Prestasi ini diselenggarakan berdasarkan penilaian prestasi akademik tanpa adanya ujian tertulis. Salah satu persyaratan untuk mengikuti SPAN-PTKIN adalah siswa harus memiliki prestasi akademik yang dibuktikan dengan nilai raport dan portofolio prestasi lain.

Lebih lanjut dia menjelaskan, proses penendaftaran SPAN –PTKIN diawali dengan pengisian Pangkalan data Siswa dan Sekolah (PDSS) pada tanggal 20 Januari – 13 Februari 2023.

“Jalur SPAN – PTKIN ini diperuntukkan bagi siswa berprestasi di MA dan SMA sederajat di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya. Dalam tahap seleksi akan dilakukan dengan memenuhi semua prinsip keadilan, obyektifitas, terbuka dan tidak diskriminatif. Seleksi ini diharpakn dapat merekrut para calon mahasiswa berprestasi yang akan menjadi generasi unggulan bagi bangsa ini,” ungkapnya.

IAIN Kendari telah membentuk tim sosialisasi PMB yang akan turun ke semua sekolah di Sultra untuk melakukan pendampingan terhadap operator sekolah dalam proses pendaftaran siswa. Selain itu, IAIN Kendari juga akan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengisian PDSS bagi operator sekolah di wilayah kepulauan maupun wilayah daratan.

Tahapan pendaftaran SPAN PTKIN antara lain sekolah melakukan registrasi akun Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) kemudian menginput nama Siswa beserta nilai raport Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) kelas 10 hingga kelas 12. Data yang telah diinput akan divalidasi terlebih dulu oleh panitia SPAN-PTKIN sebelum pengumuman kelulusan peserta seleksi.

“Pada seleksi ini siswa bebas memilih dua PTKIN termasuk IAIN Kendari. Selanjutnya panitia akan melakukan verifikasi data prestasi akademik siswa dan menentukan kelulusan siswa tersebut berdasarkan nilai tertinggi. Kelulusan peserta SPAN-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 3 April 2023 pada laman website https://span-ptkin.ac.id. ” tambahnya.

Setelah jalur SPAN-PTKIN selesai dilaksanakan, IAIN Kendari akan membuka Jalur seleksi UM-PTKIN pada bulan April 2023 dan UML pada bulan Mei 2023. Calon mahasiswa baru IAIN Kendari dapat memilih 20 program studi yang tersebar pada empat Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syari’ah, Fakultas Ushuluddin adab dan dakwah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Selanjutnya, informasi mengenai tata cara dan persyaratan pendaftaran calon Mahasiswa Baru IAIN Kendari dapat diakses pada website https://spmb.iainkendari.ac.id.

 

Reporter : Nurul
Editor      : Rasman 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *