Jelang Lebaran, Basarnas Kendari Gelar Apel Siaga

Kendari1728 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Jelang hari raya Idul Fitri Kantor Basarnas Kendari melaksanakan apel Siaga SAR khusus angkutan Lebaran, Jumat (14/4/2023).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Basarnas Kendari Rudi mengatakan, dalam operasi ini pihaknya menyiapkan 163 orang personil untuk pengamanan operasi Siaga Lebaran Idul Fitri.

Dalam operasi ini terangnya, pihaknya memusatkan posko disetiap pos SAR yang ada diwilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai 13 April sampai dengan 3 Mei mendatang.

“Tujuan dari Siaga SAR ini adalah terwujudnya pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan dalam mendukung kebijakan pemerintah,”jelasnya pada kendariaktual.com, Jumat (14/4/2023).

Diungkapkannya, untuk tahun ini diperkirakan terdapat 123,8 juta warga masyarakat yang akan melaksanakan aktifitas perjalanan mudik ke kampung halaman dengan moda transportasi darat, laut, dan udara. Jumlah pemudik ini meningkat sebesar 44,79 % dibanding lebaran pada tahun sebelumnya.

Disisi lain tambahnya, BMKG memperkirakan masih akan terdapat curah hujan dan gelombang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia yang dapat memicu bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor dan angin kencang di sepanjang rute mudik.

“Kedua faktor di atas akan berdampak akan adanya resiko kondisi membahayakan jiwa. Selama masa angkutan Lebaran, Basarnas akan menempatkan personil dan Alut di lokasi – lokasi strategis yang rawan kecelakaan dan bencana, bersinergi dengan Kementerian/ Lembaga terkait,”ujatnya.it.

Dituturkannya, puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada tanggal 19 – 21 April 2023 sedangkan puncak arus balik gelombang pertama diperkirakan pada tanggal 24 – 25 April 2023, dan gelombang kedua pada tanggal 30 April – 1 Mei 2023.

“Kmi akan tempatkan kapal atau Alut air di lokasi-lokasi startegis di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan, dan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan aktif mensosialisasikan dan memonitor keselamatan penumpang kapal,”tuturnya.

Selain itu terangnya  untuk KPP Kendari sendiri mempersiapkan personil sebanyak 122 org dalam pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran.

“Untum lokasi Siaga SAR Khusus Lebaran ditempatkan di Pelabuhan Nusantara, pelabuhan wanci, pelabuhan wawonii, pelabuhan torobulu, pelabuhan murhum, pelabuhan raha, pelabuhan penyebrangan kolaka – bajoe. Untum tranpotlrtai udara di andara Haluoleo, Bandara betoambari, bandara matahora,”tukasnya.

 

Penulis : Rasman 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *