oleh

Kadin Sultra Bantu Generator Oksigen Kapasitas 48 Tabung pada RSUD Kota Kendari

-Advetorial-338 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kamar dagang dan industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara menyerahkan bantuan mesin generator oksigen pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Penyerahan bantuan dilakukan Ketua Kadin Sultra Anton Timbang pada Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, di RSUD Kota Kendari, Rabu (5/10/2022).

Penyerahan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dan pengguntingan pita oleh Ketua Kadin Sultra dan Wali Kota Kendari.

Ketua Kadin Sulawesi Tenggara Anton Timbang menjelaskan, bantuan diserahkan pada RSUD Kota Kendari karena kebutuhan oksigen Kota Kendari yang cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lain di Sulawesi Tenggara, selain itu Kota Kendari punya peran besar dalam penyelenggaraan Munas Kadin di Kota Kendari beberapa waktu lalu.

“Dukungan Pemerintah Kota Kendari saat Munas Kadin sangat luar biasa sehingga kita bisa melaksanakan dengan sukses,” ungkap Anton Timbang.

Anton Timbang meminta maaf, seharusnya generator oksigen sudah tersedia saat meningkatnya kasus omicron, namun karena terkendala kendala pengiriman dari China, sehingga kontainer generator oksigen baru tiba beberapa waktu lalu.

Anton timbang menambahkan, penyerahan bantuan dari Kadin ini merupakan yang ke tujuh di Indonesia. Karena barang lainnya masih sedang dalam proses pengiriman. Kadin juga mengaku siap mendukung pemerintah Kota Kendari jika dibutuhkan.

Sementara itu Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan terimakasih pada Kadin yang telah menghibahkan mesin generator oksigen, karena rumah sakit Kota Kendari sangat terbantu dalam penyediaan oksigen.

Menurutnya dengan bantuan ini, RSUD bisa melakukan efisiensi sekira Rp 1 miliar per tahun karena selama ini anggaran untuk penyediaan oksigen kita anggarkan minimal Rp 1 miliar per tahun.

“Sehingga kita bisa alihkan untuk mengoptimalkan layanan rumah sakit Kota Kendari yang saat ini sudah tipe B,” ucap Pasangan Siska Karina Imran ini .

Wali kota mengaku, dari segi nilai bantuan yang diberikan Kadin ini sudah cukup besar sekira Rp 2,5 miliar, ditambah lagi bisa melakukan efisiensi dan semakin tidak akan ternilai harganya jika bisa menolong nyawa pasien.

Penyerahan bantuan alat pembuat oksigen oleh Ketua Kadin Sultra Anton Timbang ke Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. FOTO : ISTIMEWA

Dengan bantuan ini, Pemerintah Kota Kendari siap membantu Kadin dengan memberikan kemudahan dalam proses perizinan jika memasukkan investasi di Kota Kendari.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Direktur RSUD Kota Kendari dr. Sukirman, menurutnya saat ini kebutuhan oksigen di RSUD Kota Kendari setiap harinya sebanyak 40 tabung, sedangkan kapasitas generator oksigen ini bisa 48-60 tabung perhari sehingga kebutuhan oksigen bisa tercukupi bahkan lebih.

“Dengan adanya ini kita tidak perlu lagi membeli oksigen di luar karena mesin ini bisa memproduksi oksigen sebanyak 48 tabung dengan kapasitas 6 kubik satu tabung,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kontainer oksigen ini akan digaransikan selama dua tahun bersama dengan perawatan dan sparepartnya, Kadin juga akan memberikan tambahan bantuan tabung oksigen sebanyak 50 unit. (Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.