oleh

KPP Kendari Gelar Pelatihan Potensi SAR di Wakatobi

-Wakatobi-486 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, WANGI-WANGI  –  Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari melaksanakan pelatihan potensi SAR pertolongan di permukaan air 20 sampai dengan 25 Juni mendatang di Pantai Cemara Wanci Kabupaten Wakatobi.

Kepala KPP Kendari Aris Sofingi memgatakan, tujuan pelatihan inu untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan diatas permukaan air bagi para potensi SAR serta untuk meningkatkan kemampuan masyarakat yang berpotensi melakukan pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan evakuasi.

“Selain itu kegoatan ini kami laksanakan berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergi dan soliditas antara kantor pencarian dan pertolongan kendari dgn potensi diwilayah Sulawesi Tenggara,”jelasnya pada kendariaktual.com, Senin (20/6/2022).

Diungkapkannya, peserta pelatihan ini berasal dari TNI/Polri, instansi pemerintah serta organisasi kemasyarakatan yang diikuti sebanyak 50 Orang.

“Untuk observer dan instruktur pada kegiatan ini berasal dari Kantor pusat dan Kantor pencarian dan pertolongan kendari,”ungkapnya.

Adapun materi yang doberikan tuturnya, meliputi substansi Basarnas, Pengantar Pertolongan pertama, penilaian korban dan pemeriksaan fisik, Pemindahan korban, Bantuan hidup dasar, Resusitasi jantung paru, Pendarahan, shock dan cedera jaringan lunak.

Semrntara itu Wakil Bupati Wakatobu Ilmiati Daud saat membuka kegiatan menerangkan, pihaknya berharap pelatihan potensi SAR ini dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara masif sehingga pelayanan SAR yang diberikan ke masyarakat bisa dilaksanakan secara cepat dan optimal.

Ilmiati menambahkan, para peserta dapat mengikuti semua petunjuk dan SOP pelatihan yang telah ditetapkan dan mengutamakan keselamatan diri dan tim selama mengikuti pelatihan.

 

Penulis  : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait