oleh

Pacu Kecakapan Literasi Keuangan Pelajar SMA Bank Sultra Resmi Luncurkan SimPel

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Merayakan Bulan Inklusi Sosial (BIK) tahun 2021 dan memacu kecakapan literasi keuangan para pelajar. Bank Sultra resmi luncurkan Pilot Project pembukaan rekening Simpanan Pelajar (SimPel) dan Kartu ATM begi pelajar tingkat SMA se- Sulawesi Tenggara (Sultra).

Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif mengatakan, hal ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk terus mendorong kemajuan tingkat kecakapan literasi keuangan masyarakat Sultra, khususnya dikalangan para pelajar.

“Tadi kita sudah piloting dengan SMA 4 Kendari hasil dari kerjasama dengan Dikbud Sultra. Dalam rangka pembukaan rekening pelajar SMA khusus kelas 2 dan 3. Dengan fitur-fitur sesuai dengan kebutuhan mereka dan biaya yang lebih murah. Hal ini kami rencanakan dapat di berikan kepada seluruh pelajar se-Sultra secara massif,” ungkapnya pada kendariaktual.com, Jumat (22/10/2021).

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra Asrun Lio mengungkapkan, hal ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan edukasi bagi para siswa. Terkait perencanaan keuangan mereka di masa mendatang melalui pembukaan buku rekening dan ATM.

“Jadi pembukaan rekening dan pembuatan kartu ATM ini diberikan kepasa siswa SMA se-Sultra sebagai sarana awal bagi mereka untuk menabung. Dan saya rasa hal ini sangat baik untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi kita agar mereka gemar menabung. Yah, tujuannya tidak lain untuk masa depan mereka,” terangnya.

Untuk itu, dengan hadirnya fasilitas SimPel tersebut para pelajar di Sultra diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengatur perencanaan keuangan di masa depan secara mandiri. Dan meningkatkan kecakapan mereka dalam hal pengembangan literasi keuangan.

“Harapannya sejak dini mereka sudah terlatih untuk gemar menabung, terlatih untuk mengatur keuangannya sehingga ke depan penggunaannya dapat terencana dengan baik,” ungkap Abdul.

 

Reporter : Erviana Hasan
Editoe     : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *