oleh

Pakar Ekonomi Menilai Keberadaan PT VDNI Untungkan Masyarakat Sekitar

-Ekobis-34 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Keberadaan PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) dinilai oleh pakar ekonomi di Sultra menguntungkan masyarakat di sekitarnya dan Sultra pada umumnya. Ini ditunjukkan dengan meningkatnya perekonoian masyarakat disekitar Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe.

Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari Muhammad Nur mengatakan, pihaknya telah melakukan kajian ekonomi atas ontribusi PT VDNI bagi peningkatan dan pengembangan perekonomian daerah. Ini ditunjukkan dengan data Badan Pusat Statistik Sultra pada Triwulan I menunjukkan pergerakan positif.

“Meskipun kita ketahui saat ini masih dalam masa pandemi tetapi tren positif itu muncul disela tekanan perekonomian yang terjadi di Sultra dan nasional,”jelasnya, pada kendariaktual.com, Senin (5/4/2021).

Nur mengungkapkan, sektor pertambangan disertai indutrsi pengolahan memiliki andil yang sangat besar terhadap peningkatan perekonomia daerah khususnya pada peningkatan nilai produk domestik regional bruto (PDRB).

Jika dilihat secara makro lanjutnnya, keberadaan PT VDNI membawa keuntungan bagi geliat perekonomian masyarakat disekitarnya. Salah satu yan paling nampak adalah serapan tenaga kerja lokal yang ikut berkontribusi mengurangi tingkat pengangguran di Sultra.

“Keberadaan mega indutsri ini telah berkontribusi besar terhadap penyerapan Tenaga Kerja Lokal yang jumlahnya mencapai puluhan ribu pekerja. Hal inilai juga menjadi salah satu penopang meningkatnya sektor perekonomian di Sultra,”ujarnya.

Selain itu dituturkannya, masyarakat yang berusaha disekitar pabrik PT VDNI turut merasakan kehadiran perusahaan pengelola nikel tersebut. Contohnya, usaha rumah makan dan toko maupun kios banyak bermunculan disekitar pabrik.

Reporter : Astin
Editor     : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait