oleh

Pelantikan 12 Kepala OPD Tunggu Jadwal Gubernur

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sedikitnya 12 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal dilantik pekan depan. Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait dengan pelantikan 12 Kepala OPD pun telah diterima Pemprov Sultra.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengungkapkan, rekomendasi terkait dengan pelantikan tersebut diterima, setelah Sekda Sultra Nur Endang Abbas bertemu dengan Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto.

“Rekomendasi sudah ada, sekarang tinggal menunggu jadwal pelantikan saja dari bapak Gubernur. Paling lambat minggu depan pelantikannya,” ungkap Lukman saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (19/8/2020).

Lukman pun menegaskan, pelantikan ke 12 Kepala OPD tinggal menunggu jadwal Gubernur Sultra. Sebab, pelantikan hanya dapat dilakukan sesuai dengan persetujuan Gubernur Sultra selaku pengambil keputusan.

“Dia yang berhak mengangkat dan memberhentikan pejabat JPT pratama maupun pejabat lainnya di lingkup Pemprov Sultra. Dan saya lihat yang lolos tiga besar ini rata-rata pelaksan tugas (plt) kadis. Dan saya harap plt sudah dipandang besyarat memenuihi kriterial manajerial saya apa salahnya,” jelasnya.

Sebelumnya, mantan Pj Sekda Sultra Laode Ahmad Pidana Bolombo yang juga Ketua Panitia Seleksi (Pansel) JPTP mengumumkan nama yang dinyatakan lulus presentase dan wawancara akhir dalam seleksi terbuka pengisian JPT Pratama di lingkup Pemprov Sultra. Pengumuman itu tertuang dalam surat nomor 29/JPT.P/VI/2020.

Total 36 orang dinyatakan lulus untuk memperebutkan 12 jabatan OPD lingkup Pemprov Sultra. Masing-masing OPD diperubutkan 3 orang, yang nantinya akan dipilih salah satunya oleh Gubernur dan KASN.

Untuk diketahui, seleksi JPT setingkat eselon II kembali dibuka, pada 30 Januari 2020, setelah Pemprov Sultra mendapatkan izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sebelumnya, seleksi JTP setingkat Eselon II, lingkup Pemprov Sultra terpaksa ditunda. Penundaan itu lantaran, izin dari KASN tak kunjung keluar. Padahal sebelumnya, Pemprov Sultra telah membuka pendaftaran dan sudah ada sekitar 102 pendaftar untuk mengisi 19 jabatan OPD.

Ke 12 OPD yang akan dilelang itu, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak), Dinas Pariwisata (Dispar), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Sultra, Biro Administrasi Pembangunan Setda Sultra dan Biro Administrasi Perekonomian Setda Sultra.

Reporter : Hadi Suriyadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait