oleh

Pemkot Diminta Benahi Puskesmas di Kota Kendari

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Ketimbang membangun Rumah Sakit Tipe D dengan menggunakan dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dianjurkan meningkatkan atau membenahi kapasitas Puskemas yang ada di Ibukota Sulawesi Tenggara ini menjadi puskesmas rawat inap.

Anggota Komisi III DPRD kota Kendari La Ode Azhar mengatakan, jika dilihat dari klasifikasi Rumah Sakit yang akan dibangun oleh Pemkot tingkatannya hanya satu tingkat diatas puskesmas. Jadi politisi Partai Golkar ini menilai Pemkot lebih baik meningkatkan kapasitas Puskesmas.

“Kalau saya menilai melakukan peminjaman anggaran yang menelan anggaran Rp 146,5 miliar dan klasifikasinya hanya 1 tingkat diatas puskesmas. Mending Pemkot menggunakan anggaran tersebut meningkatkan kapasitas Puskesmas di Kota Kendari menjadi puskesmas yang memiliki ruang rawat inap yang baik,”jelasnya, di ruang kerjanya, Selasa (18/8/2020).

Selain itu dituturkannya, dengan alasan pembangunan Rumah Sakit Tipe D karena pandemi covid-19 maka hal tersebut perlu dipertanyakan. Sebab jika pandemi Covid 19 dijadikan dasar untuk membangun Rumah Sakit Tipe D tentunya menjadi sebuah hal yang mesti dikaji lebih dalam oleh seluruh anggota DPRD kota Kendari.

Menjadi hal yang mesti dikaji lebih dalam, sebab pembangunan Rumah Sakit Tipe D baru akan dimulai pada 2021 setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kota Kendari. Pertanyaannya, apakah pandemic Covid 19 ini akan berlangsung sampai tahun depan.

“Kita tentunya berharap Pandemi Covid 19 ini bisa selesai tahun ini. Jadi jika masa pandemi tuntas tahun ini, lantas Rumah Sakit Tipe D baru akan dimulai pembangunannya tahun depan. Maka alasan covid ini tidak tepat untuk dijadikan landasan peminjaman anggaran ke PT SMI,”tuturnya.

Harusnya lanjutnya, jika Pemkot ingin membangun Rumah Sakit tentunya harus lebih tinggi dari Tipe rumah sakit yang ada saat ini. Jadi dengan begitu akan lebih memiliki manfaat yang jelas guna meningkatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat Kota Kendari.

Maka dari itu legislator asal Kecamatan Kendari dan Kendari Barat ini secara tegas menukaskan, akan melakukan penolakan terhadap usulan peminjaman anggaran ke PT SMI untuk membangun Rumah Sakit Tipe D di Puwatu tahun depan.

Reporter : Rezky

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait