Pemkot Fokus Raih Predikat Utama Kota Layak Anak

Advetorial1303 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, Pengendalian (DP3A) Kota Kendari, tengah memfokuskan upayanya untuk mencapai predikat Utama Kota Layak Anak (KLA).

Pelaksana Tugas Kepala DP3A Kota Kendari Haslita mengatakaa, ada beberapa indikator penting sedang dipersiapkan dengan matang untuk mengdapi penilaian Kota Layak Anak.

ILUSTRASI

Salah satunya kata Haslita, yakni penyediaan fasilitas bermain yang aman dan ramah anak di sejumlah taman kota, serta upaya untuk menjadikan lingkungan sekitar bebas asap rokok.

“Banyak kota yang turun kategorinya. Jadi saat ini kami berusaha untuk mempertahankan nilai Kota Kendari. Sehingga harapannya dari (predikat) Nindya nanti bisa ke Utama,” jelasnya, pada kendariaktual.com, Selasa (9/7/2024).

Haslita menyebutkan, pihaknya juga terus melakukan kolaborasi dengan berbagai perangkat daerah lainnya, untuk menetapkan regulasi yang mendukung kehidupan anak-anak yang lebih baik di Kota Kota Kendari.

“Indikator KLA tersebar di berbagai perangkat daerah. Kami perlu menggali lebih dalam dan meminta perangkat daerah untuk menetapkan regulasi yang masih belum ada,” imbuhnya.

ilustrasi

Terlebih baru-baru ini, menurutnya DPRD Kota Kendari telah mengesahkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) KLA, demi memenuhi standar KLA di Ibukota Sulawesi Tenggara ini.

Lebih lanjut, dalam upaya memenuhi syarat sertifikasi KLA di lapangan, Haslita menegaskan, Kota Kendari telah menyiapkan evaluasi intensif terhadap sejumlah taman kota yang sedang diajukan untuk mendapatkan sertifikasi.

“Jadi penilaian lapang nanti membutuhkan penguatan di setiap perangkat daerah. Misalnya, terkait kebutuhan dasar anak di sekolah dan tempat bermain. Indikatornya banyak, dan kami optimis bisa memenuhinya,” tandasnya.

Sementara itu Anggota DPRD kota Kendari Ilham Hamra menuturkan, Pemerintah Kota Kendari dan DPRD Kota Kendari telah membuat Perda tentang Kota Layak Anak. Jadi hal ini, tentunya bisa dijadikan payung hukum yang jelas untuk pelaksanaan Kota Layak Anak.

Dewan Minta Pemkot Sikapi Persoalan Prostitusi Online
Ilham Hamra

Selain itu lanjut Politisi Partai Demokrat ini, fasilitas-fasilitas umum yang masuk kategori penilaian Kota Layak Anak hendaknya bisa lebih dipersiapkan dengan maksimal.

“Jika kita menargetkan meraih predikat utama tahun depan. Maka hasru ada persiapan yang jelas dari Pemkot Kendari untuk bisa merealisasikan targetnya meraih predikat utama dalam penilaian Kota Layak Anak, “tuturnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *