oleh

Pemkot Kendari Tambah Ruangan di RSUD Kendari dan Aktifkan Tes Swab

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menambah fasilitas gedung ruang perawatan khusus pasien COVID-19. Penambahan fasilitas itu dilakukan seiring makin bertambahnya pasien COVID-19 dan pasien umum sehingga ruang rawat tidak lagi dapat menampung.

Pembangunan fasilitas gedung ruang rawat inap baru khusus pasien COVID-19 itu dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dengan dana dari pemerintah pusat.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menjelaskan upaya ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada para pasien non Covid-19 yang datang memeriksakan kesehatannya di RSUD Kendari.

“Kemarin sudah turun pasien Covid, kemudian pasien non Covid sudah mulai berdatangan ke rumah sakit, sudah mulai terlayani lagi. Namun dengan sekarang meningkat lagi, ini probelmnya sekarang. Kita mau memberikan pelayanan pada masyarakat umum mereka khawatir dengan Covid, begitu sebaliknya kita mau tangani Covid saja bagaimana dengan masyarakat umum,” jelasnya.

Mengatasi terus bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Kendari, maka Pemkot Kendari berinisiatif menyediakan gedung khusus dalam waktu dekat ini, sedangkan untuk jangka panjang pemkot memikirkan akan mebangun rumah sakit baru.

Jika ada dua rumah sakit, maka Pemkot Kendari akan lebih mudah menangani jika terjadi wabah penyakit seperti saat ini Covid-19. Pemkot bisa fokus menangani pasien umum ataupun menangani wabah Covid-19.

“Kita tidak minta-minta ya, kita tidak ada yang mau situasinya, kan ini datang tanpa kita duga. Kalau kita punya dua rumah sakit, boleh jadi nanti salah satunya kita fokuskan untuk Covid kalau terjadi wabah, wabah apapun, kita swich yang satunya,” tambahnya.

 

Reporter : Jamal Hamzah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait