oleh

Pemprov Sultra akan Gunakan Motor Listrik Sebagai Kendaraan Operasional

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra ) akan melaunching Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) pada akhir Februari ini.

Kepala Bidang Ketenagalistrikan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra Muhammad Ilyas mengatakan, launching akan dilakukan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Jika semua berjalan lancar dan tidak ada halangan InsyaAllah tanggal 27 bulan ini kita akan launching di MTQ,” ungkapnya pada Kendariaktual.Com, Senin (22/2/2021).

Kendaraan ini, lanjut Ilyas merupakan produksi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Yang produksi itu, perusahaan WIKA Industri Manufaktur yang tidak lain adalah perusahaan milik negara,” imbuhnya.

“Untuk tahap awal akan diperuntukkan pada Institusi Pemerintah di seluruh wilayah Sultra sebagai kendaraan operasional kantor, dan selanjutkan akan diperkenalkan kepada masyarakat luas,” pungkasnya.

Rencananya, setelah sukses pada pemasaran motor listrik, pihak Pemprov kemungkinan besar akan fokus memperkenalkan penggunaan mobil listrik.

Untuk diketahui, Pemerintah Pusat terus berupaya untuk memacu pengembangan KBLBB di dalam negeri, hal tersebut dilakukan untuk ketahanan energi nasional dan mengurangi ketergantungan terhadap impor BBM, terwujudnya kualitas energi bersih dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca.

 

Reporter : Muhammad Iqra
Editor : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait