oleh

Pengurus DPD LAT Kendari Dikukuhkan

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Ratusan pengurus (Pomberehu’a) DPD Lembaga Adat Tolaki (LAT) periode 2020-2025 dikukuhkan dalam sebuah prosesi Adat di salah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (12/9/2020).

Pengukuhan dilakukan setelah hari yang sama, Sri Yastin Asrun terpilih sebagai Ketua DPD LAT Kota Kendari secara Aklamasi dan Basrin Melamba sebagai Sekretaris Umum DPD LAT Kota Kendari.

Ketua DPD LAT Kendari Sri Yastin Asrun meminta pada Wali Kota Kendari untuk memberikan perhatian pada LAT Kota Kendari sebagai mitra dalam mengembangkan LAT Kota Kendari.

“Kami minta dukungan pak wali kota, kami ingin membangun rumah adat yang benar-benar berciri khas Tolaki,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPP LAT Sultra Masyur Masie Abunawas meminta pada pengurus yang baru dilantik bisa menjalankan amanah yang diberikan dalam melestarikan nilai- nilai budaya suku Tolaki, kalau bukan kita yang menjaganya akan punah.

“Pengurus yang baru bisa menyusun program kerja selama lima tahun, karena saya yakin pengurus yang dilantik merupakan orang terpilih,” ungkapnya.

Mantan wali Kota Kendari ini juga menyampaikan sejumlah pesan pada wali Kota Kendari, salah satunya penamaan taman di Kota Kendari menggunakan identitas Tolaki, termasuk model bangunan kantor wali Kota Kendari Nantinya.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir yang juga ketua dewan pembina DPD LAT Kota Kendari, mengatakan pengukuhan kali ini merupakan momentum, motifasi dan kebersamaan dalam melestarikan dan mengembangkan adat istiadat suku Tolaki, sebagai kebanggaan warga Kota Kendari saat ini dan masa yang akan datang.

“Kita tidak ingin generasi yang akan datang tidak paham atau tercabut dari akar budayanya,” ungkapnya.

Wali kota juga meminta, semua warga Kota Kendari tetap menjaga dan mempertahankan nilai yang terkandung dalam filosofi dan falsafah adat dan budaya dalam kehidupan sehari.

Tentang permintaan pengurus LAT, wali kota berjanji akan menindaklanjutinya dengan menyediakan anggaran dan perhatian terhadap pengurus DPD LAT Kota Kendari.

Reporter : Jamal Hamzah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *