oleh

Serah Terima Gedung Perpustakaan Yang Berskala Internasional di Bulan Agustus

KENDARIAKTUAL.COM,KENDARI – Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra) Pahri Yamsul menyebutkan serah terima gedung pembangunan perpustakaan internasional di Bumi Anoa ke Dinas Perpustakaan Sultra dijadwalkan pada Agustus akan datang.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra) Pahri Yamsul,mengungkapkan, awalnya memang serah terima dilakukan pada Juli, tetapi setelah menghitung kembali, ternyata nanti Agustus baru diserahkan gedung perpustakaan internasional ke dinas perpustakaan dan kearsipan Sultra.

“Jadi mereka yang akan isi semua bukunya sekaligus peresmian di Agustus. Pembangunan fisik perpustakaan internasional sudah selesai 100 persen sejak akhir Desember lalu. Jadi sudah selesai. Sekarang kita tinggal landscape saja. Sementara interior nanti dari dinas perpustakaan,” ucap Ketua Perbasasi Sultra ini, (10/2/2021).

Ia juga menambahkan, perpustakaan internasional tidak hanya menjadi pusat baca, bagi masyarakat Kota Kendari khususnya para pelajar. Perpustakaan tersebut juga diproyeksikan menjadi wisata edukasi.

“Konsep wisata edukasi dipilih dalam meningkatkan minat baca masyarakat maupun pelajar untuk mengunjungi perpustakaan,” ungkapnya.

Diketahui, pembangunan perpustakaan ini telah dilakukan kajian di perpustakaan di Harvard University yang dikenal sebagai institut terbesar di Amerika Serikat. Perpustakaan yang terletak di Cambridge, Massachusetts ini menjadi kajian Gubernur Sultra Ali Mazi dalam kunjungan beberapa waktu lalu di Amerika, dalam mencari inspirasi pembangunan perpustakaan internasional di Bumi Anoa. Bahkan tak lama lagi sudah akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

Reporter : Krismawan
Editor : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *