SMA 1 Kendari Sukses Jalankan Program Merdeka Belajar

Pendidikan432 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – SMA Negeri 1 Kendari menjadi salah satu sekolah di Sultra yang sukses menjalankan program merdeka belajar. Ini ditunjukkan dengan pelaksanaan program merdeka belajar sudah berjalan disekolah tersebut.

Kepala SMA Negeri 1 Kendari Ruslan mengatakan, program Medeka belajar yang di jalankan SMA 1 Kendari sudah memasuki tahun ke dua dan merupakan fasilitator dari merdeka belajar didaerah ini.

“Program Merdeka belajar ini bagian penerapan dari kurikulum merdeka untuk di Indosnesia di sebut K21 yang mulai pada tahun 2021. Sejauh ini kami di SMA 1 Kendari berjalan dengan baik,”jelasnya pada kendariaktual.com, Jumat (20/10/2023).

Ruslan menuturkan, untuk menjadi penyelenggara kurikulum merdeka ada dua jalur, yaitu jalur sekolah penggerak dan IKM mandiri. Untuk SMA 1 Kendari mulai 2022-2023 belum mengikuti sekolah penggerak dan memilih jalur mandiri.

“Unyuk Jalur mandiri terbagi atas tiga jalur yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi,”tuturnya.

Ruslan menambahkan, Kurikulum K13 sudah termasuk dalam program merdeka belajar atau program P5, merupakan kolaborasi antar guru dan mapel

“P5 ini bukan mata pelajaran tetapi jamnya di hitung dan dia itu di ajarkan oleh tim atau beberapa guru dalam satu kelas dan tidak boleh guru yang di jadwalkan di jam tertentu melaksanakn P5”ungkapnya.

Ruslan juga mengungkapkan  apa bila mandiri berubah maka sudah menggunakan kurikulum merdeka mata pelajaran dan struktur kurikulumnya namanya sturktur kurikulum merdeka dan menganut ketentuan kurikulum merdeka.

Untuk mapel dari program merdeka belajar itu sendiri tidak ada yang berkurang atau di tambahkan.
Fasilitas yang di sediakan pada program merdeka belajar.

“K13 masih sama dan tidak ada yang berbeda justru hanya terjadi keleluasan pada kurikulum merdeka.
Kebebasan yang di maksud yaitu siswa bisa belajar di sekolah dan di luar sekolah,”tukSbya.

 

Penulis    : M2
Editor      : Wahyu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *