oleh

Warga Pesisir Kendari Dilatih Buat Souvenir dari Limba Kulit Kerang

KENDARI AKTUAL.COM, KENDARI – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari menggelar Pelatihan Pengelolaan Kulit Kerang menjadi Kerajinan di salah satu hotel di Kota Kendari, Jumat (15/10/2021).

Kegiatan yang digelar dalam rangka pelaksanaan Program Perencanaan dan pembangunan Industri Tahun Anggaran 2021 itu, menghadirkan Ketua Dekranas Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain, S.Pd., M.Si. sebagai Narasumber/ Pemateri l.

Ketua Dekranasda Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain menerangkan, pelatihan ini bertujuan untuk melatih masyarakat yang bertempat tinggal di lingkungan pantai untuk bisa mengolah serta membuat desain produk kerajinan kerang dari bahan baku limbah kulit kerang menjadi produk kerajinan yang menarik, indah, dan memiliki citarasa seni yang tinggi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan pelatihan tersebut memiliki manfaat yang cukup besar, selain dapat mengurangi dampak polusi dari limbah kerang, masyarakat juga bisa menambah pendapatan keluarga ataupun meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Menurutnya, pemanfaatan kerang laut merupakan peluang usaha yang memiliki prospek menjanjikan.

“InsyaAllah dari pelatihan ini, nantinya para ibu-ibu bisa menghasilkan produknya sendiri, mereka juga bisa belajar untuk memasarkan produknya,” harapnya.

Selain dijadikan sebagai souvenir ataupun hiasan yang diproduksi secara handmade, pemanfaatan limbah kerang ini juga dapat menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi masyarakat di daerah tersebut karena keunikannya.

Peserta pelatihan ini merupakan para ibu yang bertempat tinggal di sekitaran pantai, seperti dari Lapulu, Sambuli, Petoaha, Talia, Kendari Caddi, hingga masyarakat dari Kampung Salo.

 

Penulis: Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *