Tekan Angka Stunting, Ini Kebijakan yang Diterapkan Pemkot

Kendari1785 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Untuk menekan angka stunting di Kota Kendari, Pemerintah Kota (Pemkot) telah menetapkan beberapa kebijakan untuk merealisasikannya.

Sekda Kota Kendari Ridwansya Taridala mengatakan, kebijakan penanganan stunting di Pemkot Kendari sudah dilakukan oleh 15 OPD terkait.

“Dari 15 OPD sudah diberi tanggung jawab untuk melakukan penurunan stunting yang ada di Kota Kendari. Ada upaya sistemik yang harus kita lakukan segera,”jelasnya pada kendariaktual.com, Rabu (1/3/2023).

Dia juga mengungkapkan, dalam pencegahan stunting, peran DWP Kota Kendari sangat penting, bagaimana caranya menyiapkan anak-anak kita, agar melahirkan generasi-generasi yang unggul.

“Tidak sekedar itu juga, mulai dari kesadaran diri sendiri untuk menjaga lingkungan itu harus bersih, disitulah peran ibu DWP kelurahan dan kecamatan, kalau kesadaran itu lemah, tidak ada gunanya maka kita tidak bisa jadi motivator kalau diri kita sendiri yang belum kita terapkan,” ujarnya.

Mantan Kepala Bappeda Kota Kendari ini juga dalam menjelaskan, sekarang kita harus fokusnya ke 1000 hari kehidupan pertama dan ibu DWP Kota Kendari bertanggung jawab untuk menciptakan budaya hidup sehat.

“Dalam budaya hidup sehat itu paling tidak sebelum keluar rumah wajib sarapan pagi dan di atur pola makannya, tetapi dalam budaya sekarang ini sudah banyak berubah beda dengan yang dulu, sehingga tanggung jawab kita semua untuk memberi kesadaran mulai dari dewasa sampai beranjak berumahtangga,” tutupnya.

Kegiatan ini diikuti peserta dari DWP kelurahan, kecamatan dan perwakilan DWP OPD.

 

Reporter : Astin
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *