Kehadiran Smelter Nikel Dinilai Beri Kontribusi Positif Buat Ekonomi Sultra

Ekobis488 Dilihat

Kehadiran Industri Smelter Nikel Beri Kontribusi Positif pada Pertumbuhan Ekonomi Sultra

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (sultra) Anton Timbang menilai kehafiran industri Smelter Nikel Beri Kontribusi Positif pada Pertumbuhan Ekonomi di Sultra.

Anton mengatakan, kebijakan pemerintah, seperti larangan ekspor nikel bertujuan untuk memusatkan pengelolaan di daerah. Untuk itu, pihaknya mengharapkan agar pemerintah tidak memberikan izin untuk pabrik setengah jadi demi meningkatkan pendapatan negara, tenaga kerja, dan kesejahteraan masyarakat.

“Sektor smelter nikel dalam lima tahun terakhir telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi, peningkatan lapangan kerja, serta kontribusi pada program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Sultra,”jelasnya dalam sambutannya dalam seminar Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), Kamis (14/12/2023).

Selain itu Ketua Pengprov IMI Sultra ini menuturkan, seminar Hakorda ini bukan hanya merupakan forum untuk diskusi tentang pencegahan korupsi, tetapi juga menjadi platform untuk membahas arah pembangunan berkelanjutan dan dampak positif bagi masyarakat Sultra.

Selain itu tambahnya, pihaknya menyoroti distribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sultra dari 2005 hingga 2022, kontribusi sektor pertanian yang menurun, pertumbuhan sektor pertambangan nikel, dan potensi pengembangan sektor perikanan.

“Dengan keterlibatan berbagai pihak, kami harapkan upaya bersama ini akan menjadikan Sultra sebagai contoh dalam membangun negeri tanpa korupsi dan meningkatkan kesejahteraan bersama,”tuturnya.

 

Reporter : Dandy 
Editor      : Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *