oleh

40 ASN Lingkup Pemkab Wakatobi Ikut Diklatpim III

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sebanyak 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi mengikuti Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (DIklatpim) III di Hotel Qubra Kwndari 12 sampai dengan 14  Juni.

Kepala BPSDM Sultra Sahruddin Nurdin mengatakan, pendidikan dan Pelatihan merupakan salah satu bentuk pembinaan kepada setiap Pegawai Negeri Sipil. Oleh karena itu, katanya, peningkatan sumber daya manusia menjadi program unggulan.

Ditambahkannya, Program ini mempunyai nilai strategis karena faktor manusia merupakan penentu keberhasilan dalam bidang-bidang lainnya.

“Sebelum memberdayakan sumber daya manusia lain, maka sumber daya aparatur harus diberdayakan terlebih dahulu yang diharapkan nanti akan mampu memberikan kontribusi yang besar dan luas kepada peningkatan sumber daya manusia pada umumnya,”jelasnya, dalam sambutannya ketika menutup pelatihan, Senin (14/6/2021).

Dikatakan, untuk mewujudkan tujuan diatas bukanlah pekerjaan yang sederhana, melainkan membutuhkan upaya-upaya yang konkrit, baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung dan bersifat administratif maupun bersifat aksi dari seluruh penyelenggara pemerintah, karena mereka-mereka ini merupakan penentu penyelenggaraan pemerintahan di lapangan.

“Jadi, sebagai wujud komitmen dalam peningkatan sumber daya aparatur, salah satu upaya yang ditempuh melalui Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT). Dengan treatmen pendidikan dan pelatihan diharapkan kompetensi akan meningkat. Hal ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil,” ujarnya.

Dtuturkannya, guna  mencapai tujuan diatas, maka ASN yang menduduki jabatan administrator dan jabatan pengawas dalam pemerintahan sebagaimana perlu dibekali seperangkat ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diharapkan nanti akan mampu mendukung penyelenggaraan pemerintahan.

“Pembekalan dalam Diklat Kepemimpinan ini lebih dititik beratkan pada penbentukan sikap dan mental agar mempunyai disiplin yang tinggi, mempunyai komitmen untuk melayani kepentingan masyarakat, agar ketika berhadapan langsung dengan masyarakat telah mempunyai sikap yang handal dan profesional,”tuturnya.

 

Reporter : Erviana Hasan
Editor     : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *