oleh

ARS Didukung Penuh Kader PAN Sultra

-Politik-197 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Partai Amanat Nasional (PAN) wilayah Sultra akan menyelenggarakan musyawarah wilayah ke V. Ditengah pandemi covid-19, proses Muswil dikonsep dengan cara daring atau video conference. Dalam Muswil PAN Sultra yang ke-V seluruh DPD 17 Kabupaten/Kota se-Sultra telah bersepakat untuk memilih Abdurrahman Shaleh sebagai Ketua selanjutnya.

Ketua Komisi III DPRD Sultra Suwandi Andi mengatakan, penyelenggaraan Muswil PAN akan diselenggarakan, Rabu 29 Juli 2020. Dalam penyelenggarannya, Muswil akan difokuskan di Swissbell Hotel, Kendari.

“Pusatnya di Kendari, di Swissbell hotel. Namun, konsepnya dilakukan dengan cara teleconference didaerah masing-masing DPD 17 Kabupaten/Kota,” ungkapnya saat dihubungi awak media via seluler, Selasa (28/7/2020).

Politisi PAN ini juga mengungkapkan, meski begitu, bagi ketua dan sekertaris yang berada di Kendari wajib untuk mengikuti Muswil di Swissbell.

“Kalau kebetulan di Kendari wajib ikut di Hotel. Tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi soal kehadiran kader di Kendari. Semua menyatakan siap mengikuti Muswil didaerah masing-masing,” tuturnya.

Ketua DPD PAN Wakatobi ini juga mengungkapkan bahwa, Muswil merupakan agenda besar yang akan dilakukan. Salah satu agendanya adalah pemilihan Ketua. Dalam pemilihan tersebut, Suwandi mengaku seluruh kader PAN Sultra telah bersepakat.

“Prinsipnya Ketua Ketua DPD 17 Kabupaten/Kota siap maju untuk maju sebagai Ketua. Namun, setelah dilakukan diskusi panjang, seluruh kader akhirnya sepakat untuk kembali menunjuk Abdurrahman Shaleh sebagai Ketua DPW PAN Sultra,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kesepakatan musyawarah tersebut juga sudah dikirimkan ke DPP. “Tinggal menunggu sikap DPP seperti apa. Karena agenda Muswil adalah penunjukan Ketua juga pertanggujawaban kepengurusan sebelumnya. Jadi kalau disepakati untuk kembali memilih Abdurrahman Shaleh sebagai Ketua, maka proses Muswil akan berlangsung cepat. Karena, proses yang akan dilakukan tinggal pertanggungjawaban saja,” imbuhnya.

Terkait dengan pembukaan Muswil PAN Sultra yang ke-V, diungkapkan akan dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifi Hasan melalui video conference. “Akan dibuka oleh Ketum langsung, tapi melalui virtual. Kemudian, akan dihadiri juga oleh Gubernur Sultra melalui virtual. Semoga pelaksanaan Muswil berlangsung sukses,” katanya.

Sementara itu Ketua POK DPW PAN Sultra, Sukarman Ak mengungkapkan proses Muswil juga akan dihadiri langsung oleh pengurus DPP PAN. “Yang hadir langsung dilokasi adalah, Ketua POK DPP PAN Muntas Rais. Beliau akan hadir langsung dilokasi Muswil,” ujarnya.

Ditanyakan soal agenda penting seperti, penentuan sikap politik PAN pada agenda politik di Sultra, Sukarman belum mau berkomentar banyak. Namun, soal sikap pada Pilgub Sultra mendatang, kemungkinan akan diumumkan pada pelaksanaan Muswil V PAN nantinya. “Kalau soal sikap di Pilkada sudah jelas. Termasuk dengan sikap pada Pilgub Sultra, apakah akan mengusung kader sendiri atau seperti apa akan diputuskan dalam Muswil nantinya,” tegasnya.

Untuk sikap PAN pada 7 wilayah di Sultra yang akan menyelenggarakan Pilkada itu sudah hampir tuntas. Mantan Anggota DPRD Sultra ini mengungkapkan untuk sikap PAN pada Pilkada Buton Utara, partainya memilih untuk mendukung Ridwan Zakaria. Konawe Selatan Endang dan Wahyu, Konawe Utara Rauf dan Iskanda, Konawe Kepulauan Musdar dan Ilham, Kolaka Timur, Syabaruddin Labamba dan Muna dokter Baharudin.

Sementara, untuk dukungan PAN pada Pilkada Wakatobi sendiri belum pasti ditentukan. “Saya sebagai tim Pilkada Provinsi mengatakan bahwa belum ada keputusan. Partai masih melakukan kajian dan pertimbangan-pertimbangan siapa yang layak untuk didukung pada Pilkada Wakatobi. Disana ada 3 calon yakni Arhawi, Haliana dan Febri. Kita akan seleksi siapa yang bena-benar layak dan tentu bisa memenangkan Pilkada 2020 mendatang,” pungkasnya.

 

Reporter : Hadi Suryadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait