oleh

Basarnas Kendari Peringati Warga Akan Gelombang Tinggi di Perairan Sultra

-Basarnas-786 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Basarnas kota Kendari mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di perairan dengan menggunakan transportasi laut agar selalu memerhatikan peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG, Selasa (27/12/2022) di salah satu Cafe Kendari.

Kepala Basarnas Kota Kendari, Aris Safingi mengatakan diperairan Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal terjadi gelombang tinggi selama 7 Hari kedepan.

“Di Bulan Desember ini sampai dengan Januari 2023 bahwa secara umum di seluruh Indonesia ada peningkatan kenaikan gelombang tinggi dan itu akan terjadi 1.25 hingga 4 meter,” ujarnya.

Untuk di perairan Sulawesi Tenggara (Sultra), dia juga mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di laut baik penggunaan transportasi laut, operator transportasi laut, dan pemangku kepentingan dalam hal ini otoritas penyebrangan dan pelabuhan untuk memperhatikan beberapa hal.

Untuk ketinggian gelombang 1.25 hingga 2.5 meter tergolong sedang. Akan terprediksi terjadi diperairan Bau-bau bagian utara, Utara Wakatobi bagian barat dan timur, laut banda timur Sulawesi Tenggara, dan perairan banggai bagian utara.

Kemudian untuk ketinggian gelombang dari 2.5 hingga 4 meter tergolong tinggi. Akan terjadi diperairan Bau-bau bagian Selatan, Selatan Wakatobi bahian Barat dan Timur, serta di laut Banda Timurnya Sulawesi Tenggara bagian Selatan.

“Hal ini tergolong tidak aman bagi ukuran kapal tertentu seperti kapal kecil atau kapal nelayan. Ini akan terjadi mulai hari ini hingga 2 januari 2023,” terang Kepala Basarnas.

Basarnas Kendari juga mengimbau kepada operator transportasi laut agar memastikan kelayakan kapal, baik ketersedian alat bantu navigasi, peralatan komunikasi dan peralatan keselamatan baik untuk kru maupun penumpang.

“Kalau sekiranya tidak baik dan tidak lengkap jangan memaksakan karena resikonya sangat tinggi. Dan bagi para nelayan untuk memastikan kondisi cuaca dan selalu update dengan informasi dari BMKG,” imbuhnya.

 

Reporter  : Dandi
Editor       : Rasman 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.