oleh

Bunda PAUD Kota Baubau : Momentum Hari Pahlawan Harus Jadi Inspirasi Belajar

KENDARIAKTUAL.COM, BAUBAU – Peringatan hari pahlawan juga menjadi momentum untuk membangkitkan semangat belajar para siswa dan siswi demi memberantas kebodohan dan keterbelakangan di masa yang serba cepat seperti saat ini.

Hal ini disampaikan Bunda Paud Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse. Menurutnya, semangat para pahlawan untuk memberantas penjajahan juga dapat ditiru oleh para siswa/siswi dengan semangat belajar meski di masa pandemi yang serba terbatas untuk melakukan pertemuan tatap muka.

“Hari pahlawan tahun ini kan mengusung tema pahlawanku inspirasiku. Untuk itu nilai-nilai juang dari para pahlawan dapat bertransformasi ke generasi saat ini,” tuturnya, Rabu (10/11/2021).

Dikatakannya, perbedaan zaman tidak menjadi penghalang untuk generasi saat ini untuk memupuk nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Hal itu juga dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk pengembangan di segala sektor demi pembangunan Indonesia yang lebih baik.

“Walaupun perjuangannya berbeda dimensi dan masa. Kalau dahulu mereka berjuang untuk merdeka dengan mengalahkan para penjajah. Maka generasi saat ini berjuang untuk mengalahkan kebodohan dan keterbelakangan dengan semangat merdeka belajar,” tuturnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, semangat para siswa dan siswi untuk meningkatkan minat baca dan litetasi juga sangat tinggi. Hal ini dilihat dari antusian mereka saat mengikuti ragam kegiatan Bunda PAUD sejak awal masa pandemi hingga saat ini.

“Saya kira untuk meningkatkan minat baca dan literasi sudah banyak kegiatan yang kami lakukan. Baik secara virtual maupun turun langsung ke lapangan. Dan akhir-akhir ini kan pandemi sudah mulai landai anak-anak juga sudah bisa melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga kemarin kami berkesempatan untuk bersilaturahim langsung dengan anak-anak,” kata dia.

Untuk itu besar harapannya, para siswa/siswi dapat mengetahui bahwa peran mereka dalam mengisi kemerdekaan dapat diwujudkan dengan semangat belajar yang tinggi untuk meraih cita-cita mereka di masa mendatang.

 

Reporter : Erviana Hasan
Editor      : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *