oleh

Bupati Butur Apresiasi Pelaksanaan Operasi Katarak Gratis di RSUD

KENDARIAKTUAL.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Muhammad Ridwan Zakariah, didampingi Wakil Bupati Kompol (Purn) Ahali dan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Yuni Nurmalawati, mengapresiasi proses pelaksanaan operasi katarak gratis, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Butur, Senin (28/6/2021).

Operasi katarak tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Buton Utara ke-14 dan HUT Bhayangkara ke 75.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara RSUD Butur dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Cabang Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Polres Buton Utara.

Ridwan Zakariah mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Operasi katarak gratis ini tentunya akan membantu meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terutama penglihatan.

“Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dan partisipasi dari Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia Cabang Sulawesi Selatan,” ujarnya, usai meninjau operasi katarak gratis.

Lebih lanjut, ia juga mengajak aksi sosial seperti ini selalu dihidupkan sebagai upaya membantu meringankan beban masyarakat.

“Mari kita tunjukkan kepedulian kita melalui kegiatan bakti sosial, salah satunya dengan operasi katarak secara gratis,” katanya.

Ridwan Zakaria berharap, kegiatan seperti ini tidak hanya diselenggarakan pada momen HUT Butur atau HUT Bhayangkara saja, tetapi dapat terus berkelanjutan di masa-masa yang akan datang.

“Karena kita ketahui, bagi penderita katarak tidak segera melakukan penyembuhan maka akan menghawatirkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Butur, dr. Izanuddin, menjelaskan bakti sosial operasi katarak ini memberikan pelayanan bagi para penderita katarak mencakup wilayah 10 puskesmas yang ada di Butur.

Kegiatan ini sebagai upaya penanggulangan kebutaan akibat katarak dan membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan, untuk mendapatkan kembali penglihatannya.

“Tentu saja kami dari pihak rumah sakit menyambut positif kegiatan ini, karena tujuan kami adalah menjamin meningkatkan derajat kesehatan khususnya melayani kesehatan mata di wilayah Butur,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bakti sosial ini guna meningkatkan kualitas hidup sekaligus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, sehingga mereka yang sudah dioperasi bisa beraktivitas sehari-hari dan mencari nafkah.

“Kami menarget sebanyak 60 orang akan mendapatkan layanan operasi katarak gratis. Namun setelah dilakukan screening, hanya 39 orang pasien yang lulus,” pungkasnya.

 

Reporter : Denny
Editor : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *