oleh

Diskominfo Sultra dan BPS Gelar Rakor Pengintegrasian Aplikasi Syantik dengan Simdata Buka Info

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan rapat koordinasi terkait persiapan MoU pengintegrasian aplikasi Sistem Informasi Layanan Statistik (Syantik) yang dibangun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra dengan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Terintegrasi dalam Mendukung Keterbukaan Informasi (Simdata Buka Info) di kantor BPS Sultra, Senin (30/8/2021).

Simdata Buka Info merupakan proyek perubahan yang dirancang oleh Kadis Kominfo Sultra Ridwan Badallah dalam Diklat PIM II. Aplikasi ini diharapkan dapat direalisasikan dan dipakai untuk kebutuhan pendataan satu pintu di lingkup Pemprov Sultra.

Rakor tersebut dihadiri oleh Kepala BPS Sultra Agnes yang didampingi oleh Fatur, salah satu penanggung jawab data statistik di BPS Sultra.

Diskominfo Sultra dan BPS Gelar Rakor Pengintegrasian Aplikasi Syantik dengan Simdata Buka Info

Dari pihak Diskominfo Sultra hadir Kepala Dinas Ridwan Badallah yang didampingi oleh Sekdis Kominfo Ahmad Yasir serta Kabid Data Center, Andi Asnawati.

Kepala BPS Sultra mengatakan MoU BPS dengan Pemprov Sultra melalui dinas kominfo telah menyepakati dukungan Satu Data Indonesia, seperti yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019.

Selain itu, Satu Data Indonesia (SDI) merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antarinstansi pusat serta daerah yang seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia.

Selain itu, tujuan pengintegrasian untuk mendukung keterbukaan informasi publik dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengakses data agar publik memperoleh informasi melalui satu sistem informasi layanan satu data.

Diskominfo Sultra dan BPS Gelar Rakor Pengintegrasian Aplikasi Syantik dengan Simdata Buka Info

Berkenaan dengan rakor tersebut, Pemprov Sultra merencanakan akan melaunching SATU DATA tersebut pada Oktober atau November tahun ini.

“Faktor pendukung Simdata Buka Info adalah penguatan infrastruktur, jaringan, aplikasi, dan sumber daya manusia,” ungkap Ridwan Badallah.

Kemudian, pekan depan, Dinas Komunikasi dan Informatika Sultra akan melaksanakan sosialisasi aplikasi syantik BPS disusul bimtek pemanfaatan aplikasi dengan melibatkan 10 OPD yang telah mengintegrasikan websitenya dengan website Pemerintah Provinsi Sultra; address https://sultraprov.go.id .(Adv)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *