oleh

Disperkop UMKM Kelola Tiga Pasar di Kendari

-Kendari-13 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  – Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperkop UMKM) Kota Kendari diberikan tanggung jawab oleh Pemerintah Kota (Pemkot) mengelola tiga pasar di Ibukota Sulawesi Tenggara ini.

Kepala Disperkop UMKM Kota Kendari Muhammad Saiful mengatakan, tiga pasar yang diserahkan pengelolaannya oleh Pemkot ke pihaknya yakni pasar sentral Kota Kendari,  Pasar Sentral Wuawua dan Pasar Paddys Market.

“Sebelumnya tiga pasar ini dikelola oleh Bapenda Kota Kendari.  Tetapi oleh Wali Kota pengelolaannya diserahkan ke kami Disperkop UMKM untuk mengelolanya,” jelasnya, du ruang kerjanya,  Rabu (3/2/2021).

Saiful mengungkapkan, pengelolaan tiga pasar ini sudah berjalan dengan baik sejauh ini. Jadi pihaknya tunggal melanjutkan pengelolaannya dan membenahi yang belum maksimal.

Ketiga pasar ini ungkapnya, memang memiliki permasalah masing-masing dan secara garis besarnya sama persoalan yakni keluhan pedagang terkait minimnya pembeli.

“Untuk paddys market pasar ini dikelilingi berapa pasar jadi memang pembeli yang kurang. Selain itu ada tiga pajak retribusi yang juga dikeluhkan pedagang dan ini akan segera kami sikapi,”ungkapnya.

Adapun untuk pasar Sentral Wuawua lanjutnya, memang bermasalah dengan sepinya pembeli. Untuk penyebab hal ini pihaknya sudah mengetahuinya yakni masih hadirnya pasar panjang dan Pasar yang di samping pasar panjang menjadi persoalan.

Begitu pula dengan pasar sentral Kota Kendari tuturnya, juga pedagang mengeluhkan minimnya pembeli karena Tempat Pelelangan Ikan (TPI) kendari bukan hanya menjual ikan saja tetapi dilokasi tersebut sudah hadir penjual sayur dan pedagang lainnya.

“Persoalan ini sudah kami dapatkan dengan seluruh stake holder yang ada. Adapun  langkah yang akan kita lakukan untuk hal ini akan  segera kami putuskan,” tuturnya.

Penulis  : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.