oleh

Ditemukan Terkandas di Karang, ABK KMN Sinar Laut A1 Enggan Dievakuasi

KENDARIAKTUAL.COM,KENDARI – Kapal Motor Nelayan (KMN) Sinar Laut A1 yang membawa 11 orang, mengalami bocor serta kandas di sekitar perairan Samaringga Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil di temukan Kapal Negara (KN) SAR Pacitan.

Saat ditemukan, kondisi Kapal Motor Nelayan (KMN) Sinar Laut A1, sudah dipenuhi air di lambung kapal tersebut. Kondisi di sekitar Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) merupakan perairan dangkal dan banyak terdapat karang.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi menyampaikan bahwa, sekitar pukul 18.00 KN SAR Pacitan menemukan KMN Sinar Laut A1 tersebut dalam kondisi air sudah masuk sampai lambung kapal, proses evakuasi penumpang dilakukan menggunakan Sea Rider milik KN SAR Pacitan.

“Sesampai di sana Sea Rider KN SAR Pacitan melihat 9 orang awak kapal masih bertahan dan 2 orang lagi pergi menggunakan rakit menuju Pulau Samaringga untuk mencari logistik dan beberapa kebutuhan untuk memperbaiki kapal tersebut, “ungkap Aris dalam rilisnya, Minggu (30/5/2021).

Dari hasil koordinasi Hasbullah sekaligus pemilik kapal serta Ridwan Nakhoda kapal yang mewakili seluruh ABK Kapal mereka tidak mau dievakuasi ke KN SAR Pacitan untuk menuju Kendari karena ingin memperbaiki kapal yang mereka tumpangi.

“Dengan mereka tidak mau di evakuasi Ke KN Sar Pacitan maka mereka harus menanda tangani surat pernyataan tidak bersedia di evakuasi walau kondisi lambung kapal telah sebagian besar terendam air. Dan dimana seluruh 11 Orang dalam keadaan selamat,” jelasnya.

Reporter : Krismawan
Editor : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *