DPP Demokrat Resmi Usung Darwin sebagai Calon Bupati Mubar

Politik511 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat memberikan surat tugas kepada La Ode Darwin yang akan maju sebagai Calon Bupati Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada pilkada serentak tahun ini.

Surat tugas tersebut diserahkan langsung Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief, di Kantor DPP Demokart, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Andi Arief turut dampingi Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumeni. Hadir pula Ketua DPC Partai Demokrat Muna Barat Agung Darma.

Andi Arief mengatakan, surat tugas ini diteken langsung Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya.

Dia memastikan, surat rekomendasi dukungan akan diberikan setelah Partai Demokrat memastikan jumlah kursi yang diperoleh dalam pileg yang akan digelar pada Februari 2024.

“Ketum dan Sekjen memberikan surat tugas. Kenapa surat tugas? karena kan belum tahu nanti berapa kursi. Syukur-syukur nanti satu perahu Partai Demokrat sendiri, kalau tidak maka harus mencari kawan koalisi. Kalau sudah dapat (kursi DPRD Muna Barat) baru kita kasih rekomendasi,” ujar Andi Arief sesaat sebelum penyerahan surat tugas.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Muna Barat Agung Darma mengatakan, surat tugas ini terbit pada 19 Desember 2023. Namun baru diserahkan pada 16 Januari 2024, dirangkaikan dengan acara pertemuan seluruh ketua Partai Demokrat se-Indonesia.

“Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat atas nama Ketua Umum dan Sekjen Partai Demokrat memberikan surat tugas kepada bapak La Ode Darwin untuk berkonsolidasi dan bisa menggunakan atribut Partai Demokrat,” ujar Agung melalui sambungan telepon.

Diungkapkan, ada beberapa alasan yang membuat DPC Partai Demokrat Muna Barat mengusulkan untuk mendukung Darwin sebagai calon bupati. Salah satunya, Darwin dinilai paling serius untuk bertarung di pilkada Muna Barat.

“Kami melihat kondisi di Muna Barat, bahwa dalam hal konsolidasi, hanya bapak La Ode Darwin yang nampak di lapangan, untuk maju di pilkada 2024. Terstruktur dan masif pergerakan bapak La Ode Darwin,” kata Agung.

Dia mengurai, pemberian surat tugas kepada Darwin bermula dari usulan DPC Partai Demokrat Muna Barat.
Lalu, sambung Agung, pihaknya berkonsultasi dengan DPD Partai Demokrat Sultra. Hasilnya, Ketua DPD Partai Demokrat Sultra Muh Endang SA merespons positif.

“Dan pak Ketua DPD Partai Demokrat Sultra bang Endang mengaminkan usulan DPC. Lalu, kita melakukan deklarasi mendukung bapak La Ode Darwin,” ujar Wakil Ketua DPRD Muna Barat ini.

Selanjutnya, DPC Demokrat Muna Barat dan DPD Partai Demokrat Sultra mengusulkan La Ode Darwin ke DPP, sehingga pada akhirnya muncul surat tugas untuk persiapan pilkada.

Agung menambahkan, Partai Demokrat menargetkan 5 kursi DPRD Muna Barat pada pileg 2024 ini.

“Sehingga, harapan kita nanti untuk mengusul calon bupati tidak ketergantungan dengan partai lain. Untuk bisa mengusul sendiri, minimal memiliki 4 kursi dewan,” tuntasnya.

Sekedar diketahui, pada 21 November 2023, Darwin juga sudah menerima surat tugas dari DPP Partai Golkar. Dengan demikian, Darwin sudah mendapatkan dukungan dua partai politik untuk maju sebagai Calon Bupati Muna Barat.

 

Reporter : Dandy
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *