DPRD Dukung Kerja Sama Pemkot Kendari dengan Pemkab Sumedang Terapkan Aplikasi SPBE

Advetorial1161 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pengembangan potensi daerah.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara oleh Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, AP., M.Si, dengan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan S.E. bertempat di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Senin (15/5/2023).

Dengan penandatangan MoU tersebut Pemerintah Kabupaten Sumedang menyerahkan hibah Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik kepada Pemerintah Kota Kendari, yang kemudian dapat diadopsi sesuai kebutuhan Pemerintah Kota Kendari.

Selain menyerahkan Source Code Aplikasi, juga dilakukan pendampingan implementasi aplikasi tersebut oleh tenaga ahli dari Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Kendari mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Sumedang beserta jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang atas kesediaan untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Kendari melalui penandatanganan naskah kesepakatan bersama ini.

Ilustrasi

“Seperti kita ketahui bersama daerah dituntut lebih proaktif dan melakukan inovasi untuk mengatasi keterbatasan-keterbatasan tersebut dalam rangka pengembangan serta mengoptimalkan semua potensi yang ada di daerahnya, secara bertahap kami di Kota Kendari akan mengimplementasikan aplikasi yang berbasis pelayanan masyarakat,” ungkap Asmawa Tosepu.

Asmawa menambahkan, Kabupaten Sumedang telah berhasil mengembangkan aplikasi e-Office dan e-SAKIP, sehingga Kota Kendari melakukan kerja sama penerapan aplikasi tersebut di Kota Kendari.

“Aplikasi ini akan terus dikembangkan, sehingga adanya akselerasi dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang pada akhirnya bermuara pada meningkatnya kualitas pelayanan masyarakat yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menyambut baik kunjungan kerja jajaran Pemerintah Kota Kendari yang dikomandoi Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu ke Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Pada kesempatan yang baik ini, kepada pimpinan beserta jajaran Pemerintah Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan “wilujeng sumping di Kabupaten Sumedang”, kota tahu dan pengetahuan,” ungkapnya.

Seperti diketahui Kabupaten Sumedang berhasil meraih nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi di antara kabupaten dan kota se-Indonesia pada tahun 2022, dengan nilai yang diraih Sumedang mencapai 3,84.

ilustrasi

Kerjasama antara Pemkot Kendari dengan Pemkab Sumedang ini mendapat dukungan dari DPRD Kota Kendari. Wakil Ketua DPRD Kota Kendari Samsudin Rahim menilai, dengan penerapan aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengakses informasi dan melakukan transaksi dengan pemerintah secara online. Hal ini dapat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk mendapatkan pelayanan publik, serta meningkatkan kualitas pelayanan.

“Dengan Aplikasi SPBE, memungkinkan pengguna untuk memantau proses pelayanan dan pengambilan keputusan pemerintah secara online, sehingga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan dan memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan memberikan umpan balik kepada pemerintah. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi publik dalam tata kelola pemerintahan,” jelasnya.

Politisi PAN ini berharap, dengan penerapan aplikasi tersebut, pengelolaan informasi dan arsip secara terpusat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan informasi dan arsip pemerintah.

Yang terpenting menurutnya, aplikasi SPBE bisa lebih efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan publik. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *