oleh

Elektabilitas Bergerak Naik, Kader Demokrat Terus Bekerja

-Politik-48 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Hasil survei yang dirilis Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), yang dimulai sejak tanggal 27 Mei – 1 Juni 2021 yang menyasar 1.600 responden di 34 Provinsi, menyebutkan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati urutan kedua sebagai Ketum partai politik (parpol) yang paling dipilih untuk menjadi kandidat Calon Presiden (Capres) di 2024 nanti.

Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara, Endang SA menjelaskan, berdasarkan hasil Survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta berada di posisi teratas dengan raihan 19,20 persen.

Sesuai presentase hasil survei yang di lalukan oleh Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada pada posisi kedua dengan presentase 15,51 persen dan ditempel ketat oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang mendapatkan 15,33 persen sedangkan Prabowo Subianto hanya mendapatkan 10,26 persen.

“Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto mendapatkan 3,47 persen. Meskipun demikian nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka disebutkan sebanyak 2,43 persen dan mengungguli Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang mendapatkan 1,35 persen sedangan 7,99 persen masyarakat belum menentukan sikapnya,” kata Endang mengutip pernyataan Direktur Eksekutif CISA Herry Mendrofa.

Endang menyebutkan elektabilitas Anis Baswedan dan Ketum AHY itu merupakan bentuk dari kejenuhan masyarakat melihat berbagai tokoh yang itu-itu saja dalam wacana Capres 2024.

“Demokrat menyampaikan kalau hasil survei ini merupakan perwujudan aspirasi rakyat kepada AHY sebagai harapan baru. Ada kejenuhan rakyat dalam melihat deretan nama calon pemimpin nasional yang seputar itu-itu saja,” ungkapnya, Jum’at (4/6/2021).

Kata Endang, saat ini sosok AHY dipilih masyarakat karena selain merupakan Ketua Umum Partai Demokrat, dia juga dianggap sebagai sosok yang pas jika disandingkan dengan tokoh bukan Ketum Parpol.

“Rakyat mencari siapa sosok pemimpin baru pengganti Jokowi, bukan hanya di deretan Ketum Parpol yang dianggap paling tepat sebagai Capres, melainkan juga disandingkan dengan calon pemimpin nasional di luar Ketum Parpol, AHY tetap masuk deretan teratas,” lanjutnya.

Endang menegaskan, hasil survei ini menunjukan keyakinan masyarakat akan kapabilitas AHY sebagai Ketum Demokrat. Selain itu, hasil survei dapat menjadi gambaran keberhasilan AHY menghadapi polemik kepemimpinan di tubuh Partai Demokrat yang terjadi beberapa bulan belakangan.

“Keberhasilan AHY menangani para pelaku KLB ilegal dengan tegas, cepat dan tepat, serta menguatkan kebersamaan dan kekompakan struktur maupun kader merupakan salah satu faktor yang membuat tingkat kepercayaan publik meningkat drastis,” tambahnya.

Lebih lanjut Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, jika saat ini seluruh petugas partai Demokrat terus bergerak, untuk memastikan AHY dan partai Demokrat berada di pada urutan teratas hingga AHY dan Partai Demokrat benar benar sebagai peraih elektabilitas tertinggi.

Penulis  : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *