F-MIPA UHO Raih Predikat Unggulan

Pendidikan693 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Melalui keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal Nomor 023/SK/LAMSAM/Akred/S/IV/2023 Program Studi (Prodi) Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Halu Oleo (FMIPA UHO) meraih akreditasi unggul.

Dekan FMIPA UHO, Dr. Ida Usman mengatakan, SK tersebut ditetapkan di Depok pada 17 April 2023 oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal dan ditandatangani oleh direktur dewan eksekutif Prof. Dr,- Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal. IPU. ASEAN Eng.

“Baru-baru ini prodi kimia sudah meraih akreditasi unggul, dimana sebelumnya prodi Fisika sudah meraih predikat yang sama.Tetapi sebelumnya prodi kimia akreditasi A dan dikonversi menjadi unggul,” jelasnya pada kendariaktual.com, Jumat (28/4/2023).

Diungkapkannya, untuk mendapatkan akreditasi unggul tersebut tidaklah mudah. Sebab harus memenuhi beberapa komponen yang telah ditentukan oleh tim.

Di antaranya, harus didukung dengan sistem manajemen yang baik dalam melayani, kepemimpinan pengelola, manajemen mutu, kurikulum, kecukupan dan kompetensi SDM, kekuatan visi misi dan target kinerja, kecukupan pembiayaan proses akademik.

Kemudian kualitas lulusan (IPK, lama studi, dan lama waktu menunggu hingga memperoleh pekerjaan), kualitas dan kuantitas kegiatan riset, publikasi, dan pengabdian pada masyarakat, serta kualitas dan kuantitas jalinan kerjasama dengan berbagai instansi.

“Untuk syarat yang telah ditentukan alhamdulillah kami penuhi, kalau salah satu komponen saja nilainya rendah, kita tidak bisa meraih predikat unggul,”ujanya.

Selain itu tuturnya, untuk mendapatkan akreditasi unggul tersebut harus didukung kualitas SDM baik tenaga pendidik atau tenaga kependidikan serta keberimbangan tenaga pendidik dengan mahasiswa.

“Jadi yang dinilai adalah kecukupan, kesesuaian penempatan, dan kualifikasinya atau pendidikan dan jabatan fungsional. Jadi Makin banyak S3 makin baik, makin banyak profesor makin baik,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, untuk meningkatkan SDM dirinya terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu perusahaan industri maupun dinas terkait.

“Upaya ini kami tempuh selain untuk meningkatkan SDM alumni juga sebagai syarat akreditasi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, bahwa selaku dekan dirinya juga terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang ada di FMIPA UHO sehingga mahasiswa dapat belajar dengan nyaman.

“Saat kami ajukan akreditasi tentunya sarana dan prasarana kami itu sudah harus siap dan memadai. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa,” tutupnya.

Reporter : Astin
Editor : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *