oleh

Geram Kepton Gelar Aksi Damai, Tuntut Janji Gubernur Bentuk Provinsi Kepton

KENDARIAKTUAL.COM,KENDARI – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Kepulauan Buton (Geram Kepton) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan aksi damai di kantor DPRD Provinsi Sultra, Selasa (8/6/2021).

Dalam aksi tersebut mereka menagih janji Gubernur Sultra Ali Mazi terkait pembentukan Provinsi Kepulauan Buton (Kepton).

Mewakili masyarakat Geram Kepton Rati mengungkapkan, pembentukan dan pemekaran Kepton merupakan salah satu instrumen politik yang digaungkan Ali Mazi pada tahun 2018 saat mencalonkan diri sebagai Gubernur Sultra.

“Kami berharap kepada Gubernur Sultra agar segera memekarkan Kepulauan Buton yang selama ini telah dijanjikan kepada masyarakat. Sampai saat ini belum direalisasikan pemekaran dan pembangunan. Kami datang dari Kepulauan Buton, mewakili Kepulauan Buton menyuarakan aspirasi masyarakat mendesak pemerintah pusat segera memenuhi janjinya,” ungkapnya saat melakukan orasi, Selasa (8/6/2021).

Ia juga mengatakan, pemekaran dan pembentukan Provinsi Kepton ini merupakan harapan masyarakat Kepulauan Buton sejak lama yang telah dijanjikan. Masyarakat Pulau Buton akan terus mengingatkan kepada Gubernur Sultra terkait persolan ini.

Menyikapi hal itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sultra Abdurrahman Shaleh mengatakan, ia bersama seluruh anggota DPRD Sultra sangat mengapresiasi dan mendukung adanya pembentuk Provinsi Kepulauan Buton.

“Apalagi sejarah masuknya Islam di Sultra ada di Kerajaan Buton. Maka dari itu seluruh masyarakat yang ada disini silahkan masuk di DPRD mari kita masuk dan diskusikan di dalam,” jelasnya saat menerima aksi masyarakat Buton.

Massa akhirnya membubarkan diri secara tertib setelah bertemu dan berdiskusi dengan ketua DPRD Sultra.

 

Reporter : Krismawan
Editor : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *