oleh

H Subhan ST Pedagang yang Sukses Jadi Ketua DPRD Kendari

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – H Subhan ST merupakan anak ke lima dari 10 orang bersaudara, yang lahir dari pasangan suami istri H Suleman T dan Hj Saliyah. Sebelum menjadi legislator di DPRD Kota Kendari, dia merupakan karyawan di PDAM Kabupaten Buton.

Saat hendak “melepaskan” baju dinas sebagai karyawan dan memilih hijrah ke Kota Kendari untuk berdagang , terlebih saat itu sudah menikah dirinya sempat mendapatkan pertentangan dari orang tua, sebab ukuran kesuksesan kala itu terletak pada pakaian dinas.

Namun berbekal keyakinan bahwa hidup bukan diukur dari baju dinas, apalagi berdagang merupakan pekerjaan mulia yang telah dicontohkan oleh rasul, ia pun mendapatkan restu dari orang tuanya untuk hijrah ke Kota Kendari.

Dalam perjalanannya menjadi pedagang sejak tahun 2003 di Pasar Baru Kota Kendari, pada 2014 diapun ditawarkan menjadi calon anggota legislatif. Sebelum memutuskan, pria yang murah senyum ini lebih dulu meminta restu dari kedua orang tuanya, mertua dan istrinya.

“Setelah mengantingi restu dan izin dari keluarga saya pun melangkah maju. Sebab restu dari orang tua merupakan penentu dari perjalanan kita selanjutnya, termasuk saat memasuki dunia politik. Walaupun awal-awalnya keluarga juga kaget karena saya menjadi caleg, dimana sebelumnya sudah melepas baju PDAM dan memilih berdagang, yang itu semua sulit bagi orang tua untuk diterima, karena kembali lagi, jika kala itu ukuran sukses terletak pada baju seragam, “kenangnya.

Dia pun kembali meyakinkan bahwa, yang terpenting adalah dirinya bisa mengabdi kepada orang tua, apapun kondisinya nanti dan ingin tetap menjadi anak yang berbukti kepada keluarga serta bagaimana bermanfaat kepada masyarakat.

“Akhirnya orang tua pun memberikan restu, termasuk dari mertua dan istri. Karena saya meyakinkan, dengan restu keluarga akan mempermudah langkah kita dalam mencapai tujuan dan cita-cita. Alhamdullilah akhirnya saya kembali menjadi wakil masyarakat melalui Partai Keadilan Sejahtera di DPRD kota Kendari untuk bisa berbuat lebih baik lagi untuk publik, “ungkapnya.

Senantiasa Memperjuangkan Kepentingan Masyarakat

H Subhan ST Pedagang yang Sukses Jadi Politisi
SUBHAN ST – Poltisi yang lahir dari kalangan pedang membuat Subhan senantiasa dekat dengan para pedagang. Foto M Rasman Saputra/KENDARIAKTUAL.COM

Menjadi Anggota DPRD kota Kendari H Subhan ST mengawalinya kegiatan berdagang di Pasar Sentral Wua-Wua Kendari atau biasa dikenal dengan sebutan pasar baru Wua-wua.

Aktivitas berdagang yang ditekuninya sejak tahun 2003 tepatnya saat memutuskan untuk menikah pujaan hatinya yang tidak lain bernama Hj Sumiati, Subhan telah membangun kepercayaan dan komunikasi sosial yang baik dengan kalangan pedagang lainnya.

Olehnya itu, tidak heran jika ayah dari orang anak ini mendapatkan kepercayaan dan dorongan dari kalangan pedagang khususnya pasar sentral wua-wua dan pasar panjang Bonggoeya agar menjadi keterwakila suara di DPRD Kota Kendari saat itu, untuk daerah pemilih (Dapil) IV Kota Kendari.

Terkenal bersahaja dan sederhana Subhan tidak hanya mampu memikat hari para pedagang saja, namun juga masyarakat ditempatnya tinggal, sehingga dia pun berhasil meraup suara sebanyak 1.812 pada periode pertama.

Ketua Kerukunan pedagang pasar baru Kota Kendari ini mengakui jika dorongan maju ke DPRD Kota Kendari datang dari saudaranya para pedagang, yang kemudian menjadi semangat agar kedepan ada juga anggota DPRD Kota Kendari yang lahir dari “Rahim” pedagang.

Semangat dan harapan itu melandasi kerjasama dan komitmen yang ia dapatkan dari teman-teman pedagang pasar panjang khususnya di kecamatan Kadia dan Wua-Wua sebagai Dapil IV.

“Saya awalnya adalah pedagang pakaian jadi di Pasar Sentral Wua-wua lalu ditawarkan menjadi Celeg. Saat itu saya masih berpikir sebab dengan menjual saja pemenuhan kebutuhan sudah sangat lebih dari cukup. Namun ternyata ada hal lebih penting dari itu yakni ada masyarakat yang mendukung untuk menjadi keterwakilan mereka,”katanya.

Apalai lanjutnya, jika hanya mengadalkan kemampuan sebagai pengusaha dalam menyuarakan kepentingan publik ke pemerintah pasti hanya menjadi sebatas rekomendasi yang belum tentu bisa ditindak lanjuti. Berbeda halnya jika menjadi bagian dari penentu dalam pengambilan kebijakan.

“Kalau kita diluar penentu maka kebijakan yang kita dorong belum tentu maksimal. Olehnya pun saya berpikir harus ada pilihan diambil walaupun ada konsekuensi dihadapi yakni dihadapkan pada angka-angka semisal pembuatan baliho,”tuturnya.

Ditengah berbagai pertimbangan sulit diambil, Subhan mengakui, jika saat pertama maju menjadi caleg dirinya tidak berpikir untuk menang. Namun bagaimana untuk berbuat dan bekerja secara maksimal.

“Alahamdulillah ternyata saya lolos menjadi anggota DPRD Kota Kendari saat itu dan saat ini sudah dua periode dan menjadi Ketua DPRD Kota Kendari. Kini telah banyak dilakukan dan akan terus dila

H Subhan ST Pedagang yang Sukses Jadi Politisi
SUBHAN ST – Ketua DPRD Kota Kendari melaksanakn reses guna menampung aspirasi masyarakat. Foto : Dokumen

njutkan pada periode kedua ini,”ujarnya.

Selain mendorong kebijakan kata Subhan, ekonomi kerakyatan, usulan masyarakat dari bawah juga dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang teranggarkan di Pemerintah Kota Kendari.

“Ini sudah menjadi tugas kita sebagai anggota DPRD Kota Kendari untuk bisa memasukkan usulan masyarakat dan memperjuangkannnya dipembahasan anggaran,”terangnya.

Dengan memaksimalkan tugas dan fungsi sebagai Ketua DPRD Kota Kendari kini didaerah pemilihannya telah banyak jalan teraspal yang lahir dari usulan masyarakat. Termasuk pembuatan Drainase, Paving Block, lampu lingkungan dan masih banyak lagi termasuk mengawal kebijakan-kebijakan secara umum di Kota Kendari. (Advetorial)

Bio Data

Nama         : Subhan ST
TTL            : GU 5 September 1975
Jabatan     : Ketua DPRD Kota Kendari

Pendidikan :
SDN Inpres Lakudo 1982 – 1987
SMPN GU 1987 – 1990
STM Negeri Raha 1990 – 1993
S1 Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin UMI 1993 – 2000

Pengalaman Kerja
Karyawan PDAM Kabupaten Buton 2002 – 2003

Pengalaman Organisasi :
1. Ketua Fraksi DPRD Kota Kendari 2014 – 2019
2. Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari 2014 – 2019
– Ketua Komisi I 2017 – 2018
– Wakil Ketua Komisi II 2016 – 2017
– Ketua Komisi II 2015 – 2016
– Ketua Komisi II 2014 – 2015
3. Ketua Bidang Polhukam DPD PKS Kota Kendari 2015 – 2020
4. Ketua Kerukunan Pedagang Pasar Baru Wua-Wua Kota Kendari sejak tahun 2011
5. Pengurus KONI Kota Kendari 2016 – 2019
6. Wakil Ketua Bidang Pengabdian masyarakat KNPI Sultra 2017 – 2020
7. Ketua LPM Kelurahan Bende sejak tahun 2018
8. Ketua Dewan Pembina Himpunan pemuda pelajar dan mahasiswa Lakudo sejak 2018
9. Wakil Ketua Pertina Sulawesi Tenggara 2014 -2019
10. Ketua Pengcab Percasi Kota Kendari 2021 – 2025

Keluarga

Ayah       : H Suleman T
Ibu          : Hj Saliyah
Istri        : Hj Surniati
Anak      : 1. Evan Surya Akbar Subhan
2. Elsa Zahra Ufaira Subhan

 


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait