oleh

Andi Sumangerukka, Anak Kota Lama yang Jadi Jenderal

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Saat ini masyarakat Sulawesi Tenggara banyak membicarakan seorang jenderal yang menjadi Ketua Dewan Pembina Organisasi kemasyarakatan bernama Aku Sahabat Rakyat (ASR). Mayjen TNI (purn) Andi Sumangerukka merupakan figur yang menjadi pembina organisasi kemasyarakatan tersebut.

Pria yang besar di Kota lama Kendari ini Sosoknya dikenal bersahaja dan sederhana. Kendati menyandang status jenderal bintang dua, Mayor Jenderal TNI (Purn) Andi Sumangerukka tak pernah gila hormat. Hingga sekarang, pribadinya dikenal santun, membumi, dan tak sungkan blusukan menemui masyarakat.

Denga perhatian yang diberikan ke masyarakat ini Mantan Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka dijagokan oleh DPD Partai Gerindra Sultra untuk bertarung di Pilgub Sultra pada 2024 mendatang.

Tidak hanya DPD Gerindra Sultra, 17 kabupaten/kota DPC Partai Gerindra juga telah menyatakan sikap akan mendukung Andi Sumangerukka menjadi Calon Gubernur Sultra.

Mantan Panglima Kodam XIV Hasanuddin itu dipilih Gerindra, karena dinilai layak dan memenuhi kriteria sebagai calon gubernur. Salah satunya penerimaan masyarakat yang baik.

 

Andi Sumangerukka, Anak Kota Lama yang Jadi Jenderal
Andi Sumangerukka

Melansir dari Wikipedia, Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 11 Maret 1963.

Andi Sumangerukka merupakan anak dari pasangan Mayor (Purn) TNI H. Andi Baso Syamdaud dan Hajjah Andi Azizah.

Almarhum H.Andi Baso Syamdaud merupakan mantan Ketua DPR Kendari periode 1970-1975 dan 1988-1992.

Di tubuh Andi Sumangerukka memang sudah mengalir darah TNI. Meski lahir dari kalangan elit, namun dia tak segan untuk terjun langsung berhadapan dengan publik.

Dekat dengan rakyat membuatnya makin mengutamakan kepentingan banyak orang.

Di kalangan orang terdekatnya, Andi Sumangerukka akrab dipanggil Puang atau Jenderal Kota Lama.

Dengan jiwa sosial yang tinggi, dia kemudian membentuk organisasi sosial yang bernama Aku Sahabat Rakyat (ASR). Yang pada akhirnya ASR tersebut menjadi Motto Prajurit TNI, khususnya wilayah Kodam XIV/ Hasanuddin.

Karena selalu terlibat dalam urusan sosial, ASR saat ini rupanya cepat mendapat respons positif. Terbukti dalam beberapa bulan ASR terus meluas, sejumlah komunitas khususnya pemuda milenial, dengan sukarela membentuk Komunitas ASR, sukarelawan ASR yang totalnya kini mencapai ribuan orang yang tersebar di Sulawesi Tenggara, khususnya.

Pria lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1987 ini, saat menjalani pendidikan militer, mengambil kualifikasi kecabangan artileri pertahanan udara.

Tentang dukungan terhadap dirinya untuk maju dalam pemilihan Gubernur Sultra tahun 2024, secara tegas Andi Sumangerukka menyatakan siap mengemban amanah tersebut.

“Saya merasa bahwa jabatan itu adalah amanah, kalau saya diamanahkan saya tidak pernah menolak amanah itu,” kata Mantan Komandan Korem 143 Haluoleo ini saat berkunjung ke Kolaka Timur beberapa waktu lalu.

Bagi jendral bintang dua ini, meskipun telah pensiun dari kedinasan TNI AD, namun untuk terus mengabdikan diri kepada masyarakat tak ada batasnya.

 

Penulis : M Rasmam Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait