oleh

Siswa MAN IC Kendari Raih Medali Perunggu Diajang IABO

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dengan mempresentasikan Jurnal sederhana yang berjudul The Role of Insulin in Blood Glucose Levels Control System, Siswa MAN Insan Cendekia (IC) Kendari Khairil Mikdar berhasil meraih medali Perunggu pada ajang International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021.

Khairil Mikdar ,mengungkapkan olimpiade terapan seperti IABO ini merupakan pengalaman baru baginya, tidak seperti pada olimpiade yang lain, di IABO peserta dituntut untuk bisa mengaplikasikan pengetahuan biologinya untuk menyelesaikan kasus Biologi umum dan medis yang diberikan.

“Sebelum saya berhasil lolos ke babak final bersama 10 finalis dari Indonesia dan 19 finalis lainnya dari Negara Armenia, India, Khazaskhstan, Nepal, Nigeria, Peru, Philippines, Turkey, dan UAE,”jelasnya, pada kendariaktual.com, Selasa (13/7/2021).

Diungkapkannya, IABO merupakan kompetisi yang dilaksanakan secara online oleh Indonesia Scientific Society (ISS). Dimana ajang ini diikuti sebanyak 160 peserta dari 21 negara. Namun yang lolos ke babak final hanya ada 30 peserta dari 10 negara termasuk Indonesia.

“Menjadi salah satu finalis sekaligus medalis dikompetisi ini semakin memotivasi saya agar bisa lebih mengasah kemampuan aplikasi disamping pengetahuan teori,”ungkapnya.

Dituturkannya, dirinya merasa sangat bangga menjadi bagian dari ajang ini dan dirinya merasa senang karena mampu memberikan prestasi terbaik pada lomba kali ini.

Sementara itu Kepala MAN IC Kota Kendari,  Muhammad Naim juga merasa bangga dan bersyukur atas raihan ananda Kahiril Mikdar dan La Ode Rafiq Zandik Badarun karena di masa pandemi Covid-19 mereka tetap memberikan prestasi untuk MAN IC bahkan untuk masyarakat Sutra pada umumnya.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian tersebut, semoga dengan raihan ini tetap menjadikan motivasi kepada ananda untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan kompetisi lain, “tuturnya.

Reporter : Erviana Hasan
Editor     : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *