oleh

Target Nasional, MAN IC Kendari Jalankan Tiga Program Unggulan

-Pendidikan-636 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari terus mencetak siswa-siswi berprestasi dibidangnya masing-masing, baik itu tingkat nasional maupun internasional.

Kepala MAN IC Kendari, Muhammad Naim, mengatakan, ada tiga program unggulan yang dijalankan sebagai upaya memaksimalkan proses belajar mengajar. Program tersebut ialah Program Pantas, Bisa dan Rasa.

“Pantas itu akronim dari peningkatan mutu akademik siswa, sesuai namanya kita fokus di akademik siswa, sekaligus mengimplementasikan MAN IC Kendari sebagai madrasah akademik,” ungkapnya, Senin (7/11/2022).

Di program tersebut ada dua kegiatan yang dilaksanakan yakni bimbingan khusus persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk kelas XII, dan klinik mata pelajaran diperuntukan bagi siswa kelas X dan XI.

Klinik mata pelajaran ini, jelas dia, guru akan membantu siswa dalam ketertinggalannya di mata pelajaran atau materi tertentu. Pelaksanaanya sendiri dilaksanakan pada sore hari.
Program selanjutnya, ungkap Naim, ialah program untuk meningkatkan bakat dan minat siswa atau disebut Bisa yakni peningkatan Bakat Minat Sains Siswa. Disini, pihaknya memfasilitasi bakat dan minat siswa dan fokusnya dibidang sains.

“Inipun sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Pada program Bisa pihaknya melaksanakan dua kegiatan yaitu Klub Bidang Studi (KBS) bertujuan mewadahi peserta kompetisi dan olimpiade sains,” ucapnya.

Kemudian masih dia, ada yang disebut KIS atau kegiatan Karya Ilmiah Siswa. Berbagai program tersebut, pihaknya menargetkan prestasi di tingkat nasional.

“Selain KBS dan KIS pihaknya pun mewadahi kegiatan ekskul lainnya seperti seni, olaharaga hingga jurnalistik,” papar dia.
Program unggulan lainnya, masih dia, ada Rasa atau guru asuh siswa asuh, pada program tersebut setiap guru memiliki siswa asuh.

“Terlihat sederhana namun kami lihat dampaknya sangat besar, dimana guru dan siswa asuhnya saling ngobrol dan mendampingi siswa selayaknya orang tua dirumah. Kami lihat ini penting karena disini siswa jauh dari orang tua dengan kata lain mereka diasramakan disini,” jelas dia.

Aktif mengikuti lomba, belum lama ini dua siswa MAN IC Kendari mengikuti Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat nasional, ada pula lomba cepat tepat Matematika dan lomba lainnya.

 

Reporter : Nurul
Editor     : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait