oleh

Hadapi Nataru, Basarnas Kendari Siagakan 114 Personil

KENDARIAKTUAL.COM,KENDARI – Menyambut Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Basarnas Kendari siagakan 114  personil, yang akan di tempatkan di sejumlah wilayah kerja di Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini para personil Basarnas Kendari akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) dalam melaksanakan operasi Nataru.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi mengungkapkan, penggunaan APD dalam operasi SAR kali ini dilakukan, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, juga mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Ia menjelaskan, untuk di Kota Kendari nantinya, para personil SAR yang telah terlatih itu, akan disiagakan di sejumlah lokasi, seperti Pelabuhan, Termina, Bandara, dan beberapa titik tempat wisata yang diperkirakan akan mengalami kepadatan pengunjung menjelang dan menutup tahun baru.

“Kita harus menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas, memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR di mana dan kapanpun dibutuhkan. Serta untuk menjaga sinergitas antar pelayan masyarakat baik TNI/Polri dan seluruh potensi SAR,” ujar Aris Sofingi saat membuka apel siaga SAR di kantor Basarnas Kendari, Kamis (17/12/2020).

Siaga SAR, kata Aris, akan dilaksanakan, pada 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Ia berharap, para personil yang bertugas dapat menjaga kekompakan selama berada di lokasi operasi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada  masyarakat korban bencana maupun kecelakaan.

“Seluruh personil siaga SAR khusus natal dan tahun baru, harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas karena tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yang memiliki medan operasi cukup berat. Dan yang terakhir yang juga tidak kalah pentingnya, saya tidak henti-hentinya mengingatkan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dengan mematuhi dan menerapkan perilaku untuk selalu 3M di masa pandemi COVID-19 ini,” tutupnya.

Selain menyiagakan 114 personil, Basarnas Kendari juga melengkapi personilnya denganperalatan pendukung laut seperti tiga buah kapal yang terdiri dari KN SAR Pacitan, RB 210 dan RB 307 serta 4 buah RIB beserta peralatan pertolongan di air. Juga kendaraan darat dan peralatan pendukung keselamatan lainnya, juga disiapkan untuk digunakan pada saat dibutuhkan.

Untuk diketahui, operasi SAR Nataru akan dilaksanakan di sejumlah daerah di Sultra, seperti Kota Kendari, Kota Baubau, Kaputen Kolaka, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Kabupaten Konawe Utara (Konut), dan Sorowako.

 

Reporter: Krismawan

Editor: Randi Ardiansyah


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait