oleh

Hendak Makan Ayam, Ular Phyton diamankan Tim Rescue Dinas Kebakaran

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  –  Warga Jalan Wayong dikejutkan dengan kemunculan seekor ular jenis Sanca (phytonidae) yang muncul di tengah tengah aktivitas warga saat berlebaran di Kelurahan Lepo – lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (13/5/2021).

Info keberadaan hewan melata ini, disampaikan warga kepada Dinas Kebakaran karena merasa khawatir dengan keberadaan ular.

“Warga yang tengah disibukan dengan aktifitas lebaran tidak mau ambil resiko dengan bahaya dari ular kemudian warga menghubungi Kantor Dinas Kebakaran Kendari,” ujar Kepala Dinas Kebakaran Kota Kendari Junaidin Umar, Jumat (14/5/2021).

Setelah mendapat informasi tim rescue Dinas Kebakaran langsung ke lokasi. Tidak cukup satu jam bekerja, tim rescue pemadam berhasil mengevakuasi ular yang bersembunyi di bawah kandang ayam warga. Ular ini diduga sedang lapar dan hendak memakan ayam warga.

Untuk mengamankan ular sekira tiga meter ini, Dinas Kebakaran akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSA) Sulawesi Tenggara, agar bisa dilepas liarkan kembali ke habitatnya.

“Nantinya kami akan berkordinasi dengan pihak BKSDA dalam hal ini, untuk kemudian ular ini dilepas ke habitat aslinya,” tambahnya.

Dinas Kebakaran mengimbau untuk selalu waspada karena hewan ini biasanya kerap keluar di musim hujan untuk mencari makan.

Penulis :  Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *