oleh

Interior Perpustakaan Bakal Dilelang Awal Maret

KENDARIKATUAL.COM, KENDARI – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal memulai pengerjaan interior perpustakaan internasional.

Di mana penataan tahap awal bakal dilakukan untuk dua lantai. Tentunya, bila perpustakaan ini rampung akan menjadi pusat peradaban di wilayah Bumi Anoa.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sultra, Nur Saleh (21/2/2021).

“Jadi kedepan perpustakaan ini bisa menjadi pusat peradaban. Kita akan buat menjadi sebuah kawasan bukan saja wisata edukasi tetapi juga wisata rohani dan ajang diskusi bagi para generasi muda kita di Sultra,”jelasnya.

Dia melanjutkan, perpustakaan ini bakal dibuat agar menarik minat pembacanya berkunjung. Jadi ini tidak hanya dijadikan sebagai tumpukan koleksi, tetapi disana akan tercipta konektivitas, sehingga ada diskusi.

Orang bisa mendiskusikan masa depan daerah, karier dan hal lain yang dianggap penting. Sehingga untuk menuju ke pembentukan konektivitas maka memang interior harus didesain sedemikian rupa sehingga orang bisa terkesan bahwa ini tempat yang layak untuk belajar dan berdiskusi.

“Sehingga kedepan perpustakaan itu tak terkesan hanya sebagai tumpukan koleksi, tetapi juga disana akan terbangun konektivitas. Dimana disana akan ada pengembangan budaya melalui buku buku yang kita baca. Selain itu akan ada upaya-upaya peningkatan minat baca melalui literasi, melalui koleksi yang tersedia hari ini. Bukan saja koleksi yang akan kita tingkatkan, tetapi juga koneksi jaringan untuk pengunjungan,”bebernya.

Sementara itu, kata dia, untuk interior akan dibangun dua lantai. Dimana anggaran disiapkan sekira Rp 5 miliar yang terealisasi untuk itu.

“Jadi kita akan lelang ini diawal Maret, sesuai keinginan pak gubernur untuk percepatan. Dimana kurang lebih ada Rp 3 miliar khusus dua lantai interior di dalam. Sementara untuk landscape Rp 2 miliar. Sehingga keseluruhan kita anggarkan di tahun ini Rp 5 miliar. Kedepan bakal kita anggarkan lagi untuk pembangunan lantai 3 hingga tujuh,”pungkasnya.

 

Reporter: Krismawan
Editor: Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.