oleh

Jelang Idul Adha, Pemkot Awasi Penyembelihan Hewan

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Jelang hari raya idul adha, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Pertanian dan Peternakan akan mengawasi proses penyembelihan hewan kurban di Ibukota Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari Siti Ganef mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) terkait hewan yang akan di potong saat hari raya idul adha nantinya.

“Salah satu hal yang akan kami pantau nantinya ada kesehatan hewan dan usia hewan yang akan dipotong. Kesehatan yang kami maksudkan disini juga akan kami cek apakah hewan tersebut tidak dalam keadaan bunting,”jelasnya, di ruang kerjanya, Selasa (21/7/2020).

Selain itu diungkapkannya, pihaknya akan tetap mengacu pada standarisasi ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). standarisasi ASUH ini dinilainya sangat penting untuk menjaga kondisi daging yang akan dikonsumsi masyarakat.

“Untuk itu idul adha kali ini kami juga akan mengawasi proses pembagian hewan kurbam. Sebab atuuran untuk pembagian hewan kurban haruslah tetap mematuhi standarisasi protokol kesehatan covid 19,”ujarnya pada kendariaktual.com.

Peran masyarakat juga tuturnya, sangatlah diharapkan oleh Pemkot untuk membantu dalam pengawasan hewan yang akan dipotong. Sebab dengan adanya informasi dari masyarakat terkait adanya pelanggaran dilapangan dapat bisa sesegera mungkin disikapi oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari.

“Kami berharap masyarakat dapat membantu kami dalam pengawasan ini. Jika ada ditemukan hwan yang dipotong dalam keadaan tidak sehat maka kami harapkann segera disampaikan ke kami guna ditindak lanjuti,”tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *