Kapal Q Ekspres Bocor di Perairan Batu Atas

Buton Selatan119 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kapal Rakyat Q Express dengam penumpang 36 orang yang mengalami kebocoran pada haluan kapal disekitar perairan Batauga Pulau Batu Atas, Kamis (16/5/2024).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Muhammad Arafah mengatakan, pada pukul 11.25 Wita pihak ya menerima informasi dari Sakiri yang melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal yakni Kapal Rakyat Q Express bermuatan 36 orang yang mengalami kebocoran pada haluan kapal disekitar perairan batauga pulau Batu atas

Berdasarkan laporan tersebut ungkapnya, pada pukul 11.40 Wita Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju LKP untuk memberikan bantuan SAR.

“Tim Rescue telah kami berangkatkan untuk memberikan bantuan SAR. Jarak LKP dengan Pelabuhan Murhum baubau sekitar 26,7 Neutical Mile,”jelasnya pada kendariaktual.com, Kamis (16/5/2014)

Dituturkannya, pada pukul 12.17 Wita Tim Rescue dengan menggunakan RIB menemukan kapal tersebut sekitar 10,86 NM Arah utara Barat laut dari LKP

Selanjutnya lanjut Arafah, tim rescue mendampingi kapal ke perairan Desa masiri untuk mencari tempat yang aman melakukan perpindahan penumpang dan tiba pada pukul 13.36 Wita.

“Pada pukul 14.30 Wita seluruh penumpang di mobilisasi dengan menggunakan RIB dari kapal Q Ekspress ke RB 210 membawa 30 orang penumpang menuju pelabuhan pulau Batu atas sekitar 35 NM dari perairan Desa masiri, sedangkan 6 orang ABK masih dikapal untuk melakukan perbaikan,”tuturnya..

Arafah menerangkan, pada pukul 17.15 Wita RB 210 tiba diperairan pulau Batu atas, mengingat kondisi gelombang yang tidak memungkinkan untuk sandar dipelabuhan, 30 orang penumpang di jemput dengan menggunakan 4 buah longboat untuk dibawa ke darat.

“Kronologis kejadian berawal
Pada 16 Mei 2024 sekitar jam 10.00 Wita Kapal Rakyat Q Ekspress rute baubau – pulau batu atas mengalami kebocoran pada haluan kapal, salah seorang POB kapal tersebut menghubungi petugas Siaga SAR untuk meminta bantuan evakuasi,”tuturnya.

 

Reporter : Idris 
Editor      : Rasman 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *