oleh

Kapal Rute Kendari – Kaleruang Terbakar

KENDARIAKTUAL.COM.COM, KENDARI – Sebuah kapal rute Kendari – Kaleruang bermuaran 5 orang penumpang sekitar pukul 10.23 Wita, Selasa (15/9/2020) dikabarkan terbakar disekitar perairan pulau bokori Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pada pukul 10.23 WITA Comm Centre Basarnas Kendari menerima informasi dari RCC Basarnas yang menginfokan telah terpantau sinyal Distress pada titik koordinat 03 56.273′ S 122 39.53′ E jarak kurang lebih 0,68 Nautical Mile dari Basarnas Kendari dan meminta utk melakukan pengecekan AIS kapal tersebut juga diminta untuk melakukan E-Broadcast terhadap kapal yang melintas di wilayah tersebut untuk melakukan pengecekkan dan memberikan informasi apabila menemukan tanda-tamda adanya korban untuk memberikan bantuan SAR.

Berdasarkan laporan tersebut pada pukul 10.50 WITA Tim Rescue Basarnas Kendari diberangkatkan menuju lokasi kejadian untuk memberikan bantuan SAR.

Pada pukul 12.15 WITA terima info dari anggota dilapangan yg melaporkan bahwa pada pukul 12.10 WITA Tim SAR gabungan berhasil menemukan 3 orang korban KM Anugerah selanjutnya dievakuasi menuju pelabuhan bokori.

Kembali pada pukul 12.30 WITA terima info tim SAR gabungan menemukan 2 org lagi korban dan dievakuasi menuju pelabuhan bokori

Dengan ditemukannya dan dievakuasi ke lima orang korban tersebut dalam keadaan selamat, Ops SAR dinyatakan selesai dan ditutup

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, Kronologi kejadian diatas merupakan kegiatan Latihan SAR Daerah yg diadakan oleh Basarnas Kendari bertempat di pelabuhan penyeberangan pulau bokori.

“Latihan SAR Daerah ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan koordinasi dilapangan apabila terjadi Operasi SAR diwilayah perairan Kendari atau di prov Sulawesi Tenggara pada umumnya,”jelasnya  pada kendariaktual.com,  Selasa (15/9/2020).

Latihan ini terangnya, diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari TNI/Polri, Instansi /l embaga pemerintah, swasta, kelompok pencinta alam dan nelayan kota kendari.

Reporter : Rezky

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *