oleh

Kastor Kota Kendari di Kukuhkan, Nico Samara sebagai Ketua

-Berita, Kendari-24 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI- Ratusan Pengurus Kasiturusanna Sang Torayan (Kastor) Kota Kendari periode 2021-2026 yang dipimpin Nico Samara dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan Wali Kota Kendari di salah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (2/4/2022).

Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas menyampaikan ucapan selamat pada pengurus Kastor Kota Kendari yang dipimpin Nico Samara.

Wagub berharap Kastor Kota Kendari bisa berjalan beriring dengan seluruh lembaga adat yang ada di Kota Kendari guna memelihara kerukunan serta kedamaian.

“Bagaimanapun juga keberhasilan pembangunan di Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara akan bergantung pada peran tokoh-tokoh masyarakat dan pihak terkait,” ungkap wakil gubernur.

Ucapan selamat juga disampaikan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir atas pengukuhan Ketua dan Pengurus Kastor Kota Kendari. Wali kota mengaku, siap mendukung Kastor untuk membangun Rumah Tongkonan sebagai wadah berkumpulnya masyarakat Toraja di Kota Kendari.

“Kita tau di Kota Kendari ini miniatur Indonesia, semua unsur ada di Kota Kendari baik itu suku, agama, latar belakang, budaya dan sebagainya ada di Kota Kendari, mudah-mudahan kehadiran pengurus Kastor Kota Kendari yang baru dikukuhkan menambah semangat persatuan dan kesatuan kita,” ungkapnya.

Wali kota mengaku, tidak sedikit keterlibatan tokoh masyarakat Toraja di Kota Kendari karena beberapa tokoh masyarakat Toraja pernah mengabdi di pemerintahan Kota Kendari.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Sultra Dr. Ir Mardin Patulak menjelaskan saat ini di Sultra terdapat sekira 29 paguyuban pengurus wilayah di Indonesia.

Dia meminta semua paguyuban bersatu dan berbaur dengan seluruh paguyuban di seluruh Indonesia.

“Kalau teman-teman setuju saya minta kita kumpul di Kota Kendari untuk membahas paguyuban ini,” katanya.

Ketua Kaskor Kota Kendari Nico Samara menyampaikan terimakasih pada semua pihak yang mendukungnya sehingga terpilih menjadi ketua Kastor Kota Kendari.

“Saya baru yakin menjadi Ketua Kastor setelah tadi dilantik, karena sebelumnya saya masih belum yakin meskipun sudah terpilih beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Nico juga mengajak seluruh warga Toraja di Kota Kendari untuk bersama-sama membangun rumah Tongkonan sebagai tempat berkumpul warga Toraja di Kota Kendari

Diketahui ratusan pengurus Kastor terdiri dari berbagai latar belakang keilmuan dan agama. Hadir juga dalam pelantikan itu Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra dan Ketua Kadin Sultra Anton Timbang serta Ketua DPRD Kota Kendari dan sejumlah anggota DPRD Sultra.

 

Penulis : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.