Keberadaan PT VDNI Hidupkan Perekonomian Warga Kapoiala

Konawe1107 Dilihat

KENDARISKTUAL.COM, UNAAHA –  Salah satu peran penting keberadaan industri di sebuah daerah adalah mewujudkan dampak positif kepada masyarakat di sekitarnya. Hal itulah yang terus dilakukan PT Virtue Dragon Nickel Industri Park (VDNIP) sejak beroperasi dari 2014 silam.

Perusahaan pemurnian bijih nikel yang beroperasi di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah membawa perubahan signifikan bagi pertumbuhan ekonomi kepada warga yang bermukim di seputaran mega industri tersebut, salah satunya warga Kecamatan Kapoiala.

Selain itu, roda perekonomian masyarakat sekitar ikut bergerak seiring mulai beroperasinya PT VDNI dengan meningkatnya pertumbuhan permukiman dan dunia usaha industri lain dan kecil menengah.

Di sisi lain, sektor perekonomian di tengah masyarakat lingkar tambang meningkat secara signifikan. Utamanya, masyarakat yang tidak berkerja di perusahaan. Mereka dengan mandiri mendirikan usaha seperti warung makan dan indekos.

Dewi salah satu pemilik usaha warung makan di Kapoiala mengaku bersyukur dengan hadirnya perusahaan tersebut, dari hasil usahanya dirinya bisa menghasilakan omzet keuntungan hingga puluhan juta rupiah dalam sebulan.

“Alhamdulillah lumayanlah, sehari itu bisa dapat Rp 1-2 juta, cukuplah untuk biaya sekolah anak-anak, ” jelas wanita Single Parent itu.

Warga lainnya, Ismawati juga mengaku bersyukur dengan hadirnya PT VDNI, karena dengan hadirnya perusahaan itu dia dan suaminya berhasil mendirikan kos-kosan yang disewakan kepada karyawan perusahaan.

“Kami punya 15 kamar kos yang disewakan, dimana perkamarnya Rp. 800 ribu/perbulan, dan Alhamdulillah bisa dapat Rp. 12 juta/perbulan dari hasil pembayaran sewa rumah kos itu, ” katanya.

Sementara itu, Camat Kapoila, MS. Rustam mengatakan, pengaruh hadirnya PT VDNI sangat banyak dirasakan masyarakat Kapoila, misalnya terbuka peluang kerja dan pekerjaan, ekonomi tumbuh dengan banyak pembukaan usaha di tepi jalan. Ini membuktikan perekonomian warga setempat ikut bergerak naik.

“Dulu sebelum ada perusahaan khususnya di Kecamatan Kapoila tidak ada sama sekali warung makan dan indekos yang dapat dijumpai. Tetapi sekarang, membuat wajah Kecamatan Kapoiala perlahan-lahan berubah. Saat ini, sudah banyak dijumpai warung makan dan indekos, ” jelasnya.

Beberapa waktu lalu, General Manajer PT VDNI Tony Zhou mengatakan, PT VDNI telah memberikan kontribusi nyata buat masyarakat di Konawe khususnya dan Sultra umumnya. Salah satunya adalah dengan merekrut tenaga lokal yang memprioritaskan masyarakat yang berasal dari Sultra.

Dirinya juga meminta kepada Pemerintah untuk kenyamanan dalam berinvestasi. Dengan begitu perusahaan dapat tenang untuk berinvestasi guna mewujudkan apa yang menjadi tujuan bersama yaitu Kesejahtraan Masyarakat.

 

Reporter : Deri Irawan 
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *