oleh

Kunker ke Buton, Ali Mazi Tinjau Sejumlah Lokasi Pembangunan 

-Adv-9 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sejumlah lokasi pembangunan di kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), ditinjau secara langsung oleh Gubernur Ali Mazi, Minggu (31/1/2021).  Salah satunya, yakni lapangan olahraga persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Buton.

Kunjungan pertama dilakukan di Pelabuhan Banabungi. Beberapa menit gubenur memantau dan ditemani diskusi dengan kadis perhubungan, Hado Hasina yang menjelaskan perlunya rehabilitasi pelabuhan tersebut. 

Ali Mazi juga meninjau Tempat Pelabuhan Ikan Banabungi, ia mengingatkan agar pemerintah Kabupaten Buton merawat, memelihara dan menjagai TPI yang memiliki coolstorage. 

Selanjutnya Gubernur mengunjungi kantor Bupati dan meninjau Lapangan upacara dan kegiatanmasyarakat agar dibangun dengan baik dan diperluas. sehingga dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dalam kegiatan-kegiatan besar dan juga menjadi spot wisata dan swa foto. 

Ali Mazi juga menyempatkan diri meninjau Lapangan Olah Raga yang dibangun untuk persiapan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) 2022 di Kabupaten Buton. 

“Karena medan yang cukup berat dan terjal maka gubernur beserat rombingan tidak mencapai titik pembangunan. Kemudian menggunakan drone melihat kondisi ttik pembangunan lapangan olah raga dimaksud,” beber Kadis Kominfo, Ridwan Badallah yang turut dalam rombongan.  

Selain itu, Ali Mazi juga sedianya akan menyambut kedatangan tim dari Kemenko Maritim dan Investasi yang direncanakan tiba pada pagi hari melalui bandara Betoambari Bau-Bau.

Kedatangan tim dari Kemenko Maritim guna meninjau kesiapan Asbuton di lokasi penyimpanan PT. Wijaya Karya Bitumen dan PT. Kartika Prima Abadi. Yang mana ke dua perusahaan inilah yang menjamin ketersediaan Asbuton untuk digunakan sebagai bahan utama pelapisan jalan nasional. Kedua perusahaan ini telah menyatakan siap memenuhi tonase Asbuton yang diperlukan.

Peninjauan dilanjutkan ke Pelabuhan Nambo di Nambo, dan Pelabuhan Banabungi di Pasarwajo. Ke dua pelabuhan ini berstatus Pelabuhan Penggunaan Khusus yang akan digunakan sebagai pelabuhan utama pengapalan dan pengiriman Asbuton ke sejumlah lokasi proyek Jalan Nasional.

Nantinya seluruh data yang diperoleh Tim Kemenko Marves kemudian akan dibicarakan dalam rapat interim antara Tim Kemenko Marves, Perusahaan Pengolahan Asbuton, Pemprov Sultra, dan Pemkab Buton, di Rumah Jabatan Bupati Buton

Sebelum Gubernur dan rombongan kembali ke Rujab Bupati untuk beristirahat sejenak dan mempersiapkan kembali le Bau-Bau, Gubernur mengunjungi eks kantor Bupati yang direncanakan digunakan untuk pembangunan Politeknik Ilmu Perikanan. Hal ini digagas Gubernur bersama Bupati Buton, karena potensi sumber daya perikanan di Buton cukup strategis. 

Pada kesempatan itu, Ali Mazi juga mengisi kegiatan pengambilan testimoni ucapan selamat atas mergernya Bank Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia tbk. Ia berharap, dengan bergabungnya tiga bank tersebut bisa menjadi bank yang handal dan dapat bekerjasama membangun Sultra. (Adventorial)

*Redaksi


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait