oleh

LPTK Wakatobi Raih Penghargaan Satya Lancana

KENDARIAKTUAL.COM, WANGI-WANGI- Bupati Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) Arhawi memberikan apresiasi kepada Kepala Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan (LPTK), atas pencapaiannya dalam mendapatkan Satyalancana Pembangunan.

LPTK merupakan suatu lembaga riset dibidang perekayasaan teknologi kelautan dibawah Badan riset dan sumber daya manusia (SDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berlokasi di Kabupaten Wakatobi.

Satya lancana Pembangunan ini didapatkan Akhmatul Ferlin atas komitmen dan jasa-jasanya terhadap pembangunan negara di bidang kelautan dan perikanan. Karena peran aktifnya untuk berinovasi dalam menciptakan, dan mengembangkan alat berupa Teknologi WakatobiAIS (Wahana Keselamatan dan Pemantauan Objek Berbasis AIS).

Teknologi Radar Pantai dan Automatic Identification System (AIS) memiliki peranan besar untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan efisiensi navigasi di laut bagi seluruh jenis dan ukuran kapal, khususnya untuk pemantauan kapal-kapal kecil dan tradisional.

Kepala LPTK Kabupaten Wakatobi Akhmatul Ferlin mengatakan WakatobiAIS merupakan hasil inovasi yang dilaunching saat Kegiatan Science and Innovation Business Matching (SIBM) di Ballroom KKP Jakarta, tanggal 9 Oktober 2018 lalu, yang dihadiri oleh Bupati Wakatobi.

“Saat Launching, Bupati Wakatobi menegaskan bahwa Pemerintah daerah (Pemda) mendukung hasil riset yang telah dilakukan oleh LPTK, dan berencana untuk melanjutkan pengembangan riset WakatobiAIS melalui dinas teknis,”katanya saat di konfirmasi melalui telepon, Senin, (17/8/2020).

Kata Ferlin, hal itu dibuktikan dengan adanya kegiatan kajian mengenai riset WakatobiAIS pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Wakatobi Tahun 2019. Hari Nusantara tahun 2018 lalu, Bupati Wakatobi menerima Satyalancana Wira Karya bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pengembangan, dan Pembangunan Kelautan, yang dipersembahkan sebagai kado HUT Kabupaten Wakatobi yang ke 15.

“Kali ini di momentum HUT Kemerdekaan RI yang ke 75 Tahun, kami di LPTK menerima Satyalancana pembangunan bidang kelautan dan perikanan. Karena menciptakan dan mengembangkan suatu produk teknologi bernama WakatobiAIS, yang makin mengokohkan visi kabupaten Wakatobi yakni menjadi Kabupaten maritim yang sejahtera dan berdaya saing,”ujarnya.

Selain itu ungkapnya, pihaknya berharap LPTK dapat tetap bekerja secara maksimal dan tetap mengukir prestasi di bidang kelautan. Jadi pihaknya berharap pengharagaan tersebut tidak berhenti sampai disini saja.

“Saya sebagai Bupati Kabupaten Wakatobi mengucapkan selamat atas pencapaian ini, karena telah mengharumkan nama Kabupaten Wakatobi,”tuturnya.

Reporter : La Ode Suhardin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *